10 December 2016

The Secret Garden by Frances Hodgson Burnett


Judul: The Secret Garden
Pengarang: Frances Hodgson Burnett
Jenis: Fiksi, Buku Anak
ISBN: 978-1-85326-104-6
Penerbit: Wordsworth Classics
Tahun Terbit: 1993 (Wordsworth Limited Edition)
Jumlah Halaman: 221++
Harga: Sekitar Rp 50.000,00 (Harga beli sekarang di Books & Beyond)

BLURB

Mary Lennox was horrid. Selfish and spoilt, she was sent to stay with her hunchback uncle in Yorshire. She hated it.

But when she finds the way into a secret garden and begins to tend it, a change comes over her and her life. She meets and befriends a local boy, the talented Dickon, and comes across her sickly cousin Colin who had been kept hidden from her. Between them, the three children work astonishing magic in themselves and those around them. 



***



The Secret Garden dimulai dengan memperkenalkan karakter bernama Mary Lennox. Dia sakit-sakitan, pemarah, tidak mencintai siapa pun dan tidak dicintai siapapun. Pada awalnya, dia tinggal di India dengan Ayahnya yang seorang kapten tentara gagah sekaligus sembrono, serta Ibunya yang cantik. Tetapi, Mary sangat jarang bertemu kedua orangtuanya tersebut. 

Orangtua Mary menempatkan dia di sebuah rumah dengan ditemani serombongan pelayan pribumi India, karena orangtua Mary menganggap Mary begitu nakal. Saking sulitnya merawat Mary, maka tidak cukup untuk memperkerjakan satu orang pelayan saja karena merawat Mary sungguh melelahkan. 

Suatu hari, wabah kolera menyerang keluarga Mary. Tidak ada yang selamat dari wabah tersebut kecuali Mary.

Kemudian, Mary ditemukan oleh sekelompok tentara dan Mary pun sempat dirawat sebentar oleh keluarga seorang pendeta berkebangsaan Inggris. Tidak lama, Mary dikirim ke Yorkshire untuk tinggal bersama keluarga paman dari pihak Ibunya, yang bernama Archibald Craven.

Di sinilah petualangan Mary dimulai!


***


The Secret Garden juga diadaptasi ke beragam audio-book, salah satu yang paling saya suka adalah versi dramatic reading yang dinarasikan oleh Elizabeth Klett (sebagai Martha) berikut ini:



Sementara itu, ada banyak sekali The Secret Garden versi adaptasi film layar lebar. Pertama kali muncul versi film adalah pada tahun 1919 dalam bentuk silent movie. Hmm...

Favorit saya untuk adaptasi film ini ada tiga. Pertama, yang dibuat pada tahun 1949. Pemeran Mary adalah Margareth O'Brien dan pemeran Dickon adalah Brian Roper. Menurut saya, adaptasi yang ini lebih mendekati versi bukunya. Karakter Mary yang blak-blakan dimainkan dengan sangat hidup oleh Margareth O'Brien.

Saya berikan kredit khusus juga karena film ini merupakan adaptasi layar lebar pertama yang bersuara. Klasik!


Oh, Margareth O'Brien ini masih hidup sampai sekarang. Huwow!!!

Kedua, The Secret Garden yang diadaptasi ke film pada tahun 1987. Di sini, gambar filmnya sudah mulai berwarna, mhehehe~

Karakter Mary diperankan oleh Gennie James. Untuk adaptasi versi ini, digambarkan sedikit berbeda dibandingkan film-film The Secret Garden lainnya. Versi 1987 masih mengikuti pakem-pakem yang ada di dalam buku dan merupakan film televisi. Kisahnya diawali dengan flashback yang dilakukan oleh Mary dewasa yang mengenang masa kecilnya di secret garden. Hal ini berbeda dengan penggambaran novel maupun film lainnya yang benar-benar fokus pada petualangan Mary kecil di secret garden.



Ketiga, versi adaptasi ke film animasi. Yeay!



Overal, baik buku maupun adaptasi film yang saya sebutkan di atas, saya beri rating 5/5.

Kisah The Secret Garden dinobatkan sebagai kisah klasik terbaik, serta karya sastra terbaik untuk kelompok usia setara siswa kelas 5 Sekolah Dasar.




Cheers!
Have a blessed-day!