31 December 2016

Selamat Merayakan Akhir Tahun, Buku!

Tahun 2016 kembali membuktikan kepada saya bahwa rezeki saya memang lebih sering muncul lewat buku-buku gratis. Hahaha. Bahkan, hingga di momen menjelang akhir tahun pun saya menemukan rezeki lewat paket buku dari salah satu penerbit mayor di Indonesia.

Bukan. Ini bukan buku yang didapatkan secara gratis.

Rezeki buku yang saya terima di sepanjang tahun 2016 mencapai puluhan. Dua bulan belakangan ini pun setidaknya ada lebih dari 20 buku yang saya dapatkan secara cuma-cuma, tanpa mengeluarkan uang sedikit pun.

Alhamdulillah...


***


Ini yang namanya kalau jodoh takkan lari buku dikejar. No? Hahaha.

Saya mendapatkan rezeki buku ini dari beragam jalan. Ada yang saya dapatkan dari hadiah dari teman dan kenalan, berkat mengikuti kuis dan giveaway dari penerbit maupun bookstagramer dalam dan luar negeri, kerjamasa dengan penerbit, menjadi pemateri kegiatan non profit, isi goodie bag dari events bersama beberapa penerbit mayor, serta reading challenge. Semuanya saya terima dengan senang hati. Pastinya. Apalagi, beberapa dari rezeki buku yang saya dapatkan itu merupakan wishlists yang tercapai! Uyeah~

Bentuk rezeki buku yang dimaksud ada yang berupa buku fisik, ebook, voucher yang dapat ditukarkan dengan buku, serta voucher diskon. Salah satu voucher yang saya sukai adalah ketika saya memenangkan salah satu giveaway berhadiah senilai sekian Poundsterling yang dapat ditukarkan dengan buku pilihan saya di Book Depository, dan saya gunakan untuk mengadopsi wishlist saya yang ini; paket buku JANE AUSTEN!


Sebenarnya, ada tambahan hadiah bookish candle yang seharusnya saya terima juga. Tetapi, sudah lebih dari dua bulan paket berisi kiriman bookish candle ini belum saya terima. Saya curiga paketnya nyangsang entah di negeri mana. Jadi, sudah saya ikhlaskan jika memang tidak akan pernah sampai ke tangan saya. Hahaha.

Paket hadiah lain, yang juga menyejukkan mata dan hati saya adalah paket hadiah sebagai pemenang reading challenge yang diadakan oleh Jakarta Digital Library dan Penerbit Gramedia. Kenapa? Kenapa? Karena ada Germinal (terjemahan) yang masuk jajaran wishlist saya juga tahun ini. 


Saya sudah pernah membaca karya Emile Zola yang Germinal (maupun Therese Raquin) ini years ago; awalnya saya membaca versi berbahasa Inggris. Ketika melihat bahwa Therese Raquin dicetak ulang dengan cover baru dan Germinal juga kemudian diterjemahkan dengan cover serupa, saya jadi ingin mengoleksinya sekalian. Kebetulan saya sudah memiliki Therese Raquin yang cover baru, jadi tinggal mengadopsi yang Germinal. Sudah niat juga untuk membeli. Untungnya saya tunda sebentar karena ternyata saya mendapatkannya gratis. Lalalayeye~


Ssst...

Segini dulu, ya, update saya. Akan saya tambahkan lagi nanti malam, bertepatan dengan momen tahun baru...



Cheers!
Have a blessed-day!