21 December 2016

Cerdas Bersama Poc 'n Pic: Sejarah by Anthony Ann & Selviya Hanna


Judul: Cerdas Bersama POC 'n PIC - Sejarah
Pengarang: Anthony Ann & Selviya Hanna
Ilustrator: Anthony Ann
Jenis: Non Fiksi, Komik
ISBN: 978-602-00-0365-8
Penerbit: PT Elex Media Komputindo (Gramedia Group)
Tahun Terbit: 2011
Jumlah Halaman: 180++


BLURB

Sejarah umum membantang sejak peradaban pertama muncul sampai ke zaman modern. Selama rentang waktu itu banyak sekali yang terjadi. Ada petualangan, peperangan, penemuan, dan lain sebagainya. Dengan mempelajari sejarah sejak dini akan memperluas khasanah pengetahuan anak-anak.

Siapakah Alexander Agung?

Mengapa Joan of Arc dianggap penting dalam sejarah?

Bagaimana William sang Penakluk mengalahkan Inggris?

Apakah yang dimaksud Renaissance itu?


***



Poc
Biksu kecil yang selalu ingin tahu banyak hal. Dia memiliki kekuatan yang sangat besar namun kekuatan itu terkunci. Di kehidupan sebelumnya dia pernah menaklukkan negeri siluman. Poc sangat cerdas, namun terkadang jahil dan menjengkelkan teman-temannya.

Ambro
Nama lengkapnya Ambrossia. Dia saudara perempuan Poc sekaligus pemilik pondok tempat Poc dan teman-temannya tinggal. Ambro sangat cerdasa. Meski wanita, dia tidak mau tertinggal dalam hal ilmu pengetahuan. Ambro sering dibuat jengkel oleh ulah Poc dan teman-temannya.

Siluman Picolo
Namanya disingkat menjadi Pic. Dulunya dia adalah siluman yang sankti namun berhasil dikalahkan Poc. Satu-satunya kesaktiannya yang masih tersisa adalah awan sakti. Dengan awan sakti itu Poc dan teman-temannya sering berpetualang memahami ilmu pengetahuan.

Doxo
Seekor burung percobaan Paman Alien. Melalui percobaan laboratorium, otaknya dibuat menjadi lebih cerdas. Doxo selalu merasa lebih cerdas dan sok tahu, namun tak jarang keterangan yang diberikannya tidak sesuai fakta. Doxo punya ransel yang bisa mengeluarkan peralatan canggih.

Paman Alien
Paman alien adalah makhluk luar angkasa yang memutuskan tinggal di bumi. Dialah yang membuat uji laboratorium untuk Doxo. Paman Alien tinggal bersama-sama Poc dan teman-temannya di pondok Ambro dan sudah menganggap mereka seperti anak-anaknya sendiri. Dia adalah makhluk luar angkasa yang baik hati.



"Siapa yang membangun piramida raksasa?"

Raja Khufu!

Lho, siapa itu Raja Khufu?

Jadi, Raja Khufu ini sangat kaya. Dia hidup di Mesir kira-kira pada abad ke-25. Dia memiliki tentara yang sangat kuat. Kekuasaannya melampaui sungai Nil. Dalam ekspedisi laut Merah, dia mengalahkan suku nomaden di sana.



"Apakah bangsa Israel adalah penemu Monoteisme?

Eh, bukan.

Bangsa Israel bukanlah bangsa yang menemukan monoteisme. Faktanya, pada suku-suku pribumi Afrika di zaman primitif telah ada kepercayaan akan satu Tuhan, Tuhan Langit, yang Esa. Tahun 1370 SM, seorang firaun Mesir bernama Amenhotep IV menyatakan hanya ada satu Tuhan dan dia menyebutnya Aton.



"Apakah Phytagoras bisa disebut sebagai Bapak Matematika?"

Hmm...
Tidak bisa dikatakan demikian.

Jauh sebelum Phytagoras, manusia sudah mengenal Matematika. Bangsa Sumeria sudah mengenal sixagesimal yang mewariskan perhitungan jam dan pembagian busur lingkaran. Bangsa Babylonia sudah mengenal geometri. Bahkan, Phytagoras belajar Matematika dari Thales dan Anaximander di Asia Kecil. Ini juga yang memunculkan pertanyaan, apakah rumus Phytagoras memang asli temuan Phytagoras, atau sebenarnya merupakan temuan dari Thales? Lho kenapa? Sebab, sebelum Phytagoras, Thlaes sudah mampu mengukur tinggi piramida Mesir hanya melalui bayangannya.



Aku mau belajar tentang para filsuf Yunani.
Wah, ayo!

Jadi, ada beberapa filsuf besar Yunani. Ada Thales dari Melitus, yang baru saja kita sebut sebagai guru dari Phytagoras tadi. Thales hidup pada tahun 636-546 SM. Dia adalah orang pertama yang berpikir ilmiah. Menurutnya, segala sesuatu berasal dari air dan terdiri dari air. Anaxagoras, hidup pada tahun 570-500 SM. Dia menganggap segala sesuatu terbentuk dari udara. Democritus, yang hidup pada tahun 460-370 SM, menganggap segala sesuatu terdiri dari unit-unit yang tidak bisa dibagi lagi, yakni atom. Hippocrates, yang juga hidup pada masanya Democritus, tetapi dia hanya hidup sampai 377 SM. Dialah filsuf yang menggariskan dalil-dalil pengobatan dan tetap digunakan dalam keodkteran modern, di antaranya sumpah dokter yang harus menjaga kerahasiaan pasien. Archimedes (287-212 SM) menemukan Hukum Archimedes yang dapat digunakan untuk menentukan gaya tekan dan massa suatu benda.

Ada pula Socrates (470-400 SM) yang menjadi pioneer filsafat baru, yaitu filsafat dialketika. Sejak itu, filsuf dan ilmuwan tidak gampang lagi berdalil karena mereka harus diuji dengan pertanyaan-pertanyaan dan bantahan. Murid Socrates, yaitu Plato (427-347 SM) meneruskan jejak gurunya. Dia menganggap kebenaran adalah di dunia yang berbeda. Sayangnya, Plato tidak melalukan pengamatan langsung atas alam dan inilah kelemahan dia. Murid Plato, Aristoletes (384-322 SM) tidak mau terjebak teori-teori seperti gurunya. Jadi, dia melakukan pengamatan langsung akan alam yang diteliti. Menurutnya, kebenaran tidak mungkin didapat jika kita tidak mengamati langsung.

Aristoteles merupakan anak dari seorang rdi istana Macedonia. Ayahnya, Nicomachus, mengabdi pada Raja Amyntas. Aristoteles kecil tumbuh bersama anak raja yang bernama Philip. Setelah ayahnya meninggal, barulah Aristoteles berguru kepada Plato. Namun, dia berbeda pendapat dengan Plato dan akhirnya memutuskan untuk mengembara. Baru pada tahun 334 SM dia kembali lagi karena dipanggil oleh teman masa kecilnya, Philip, yang telah mnejadi raja Macedonia. Dia diminta menjadi guru bagi anak raja yang bernama Alexander.

Ketika kembali, Aristoteles mendirikan akademi di Lyceum. Di sinilah karya tulisnya berkembang dengan pesat. Sayangnya, ketika Alexander meninggal pada tahun 232 SM, Aristoteles terpaksa melarikan diri karena ada persekongkolan yang ingin membunuhnya dan dia sudah tidak lagi memiliki pelindung di istana. Namun, warisan karya Aristoteles dan juga para filsuf besar lainnya tetap tersimpan rapi di perpustakaan Alexandria.



***


Kisah-kisah di atas hanyalah sedikit dari kisah sejarah yang ada di dalam buku ini. Ada banyak sekali sejarah lainnya yang dikemas dengan begitu sederhana dalam bentuk komik penuh warna.

Detail-detail penting disampaikan dalam kotak-kotak khusus yang memudahkan pembacanya untuk menyimak lebih jelas tentang sejarah yang dimaksud, beserta kejadian-kejadian penting lainnya yang terkait dengan informasi sejarah tersebut.

Serial Poc 'n Pic tidak hanya membahas tentang sejarah saja. Ada buku-buku lainnya yang membahas Iptek dan PengetahuanMakhluk Hidup, serta Antariksa.

Overal 5/5


Cheers!
Have a blessed-day!