15 December 2016

Haru Group Awards - Updated


Hola!

Setelah lama berpikir (saelah!), saya akhirnya mencoba untuk mengikuti Haru Group Awards yang diselengggarakan oleh Haru Group (Penerbit Haru, Penerbit Spring, dan Penerbit Inari). Modal nekat juga, sih, hahaha. Saya termasuk pemula sebagai blogger buku, apalagi sebagai bookstagramer -- mengingat blog saya ini baru mencoba kembali aktif per bulan September 2016 lalu, setelah saya ubah menjadi TLD, dan blog buku saya yang Personal Library of Nia F. S. Kartadilaga (formerly known as this...) saya gabung ke Personal Blog and Library of Nia F. S. Kartadilaga. Selain itu, akun Instagram personal saya (@niafajriyani) juga baru sekitar empat bulan saya ubah fungsinya supaya tidak hanya berisi foto-foto nan alay saja, tetapi juga digunakan untuk me-review buku-buku lokal karya penulis Indonesia dan buku-buku terjemahan. Untuk buku berbahasa Inggris, saya bahas di akun saya lainnya yang memang sejak awal saya gunakan sebagai akun bookstagram (@library.of.nia).

So, yeah, I'm a newbie...

Nah, maka dari itu... Dengan modal nekat saja lah, yuk, untuk mengikuti Haru Group Awards karena memang belum terlalu banyak buku-buku dari penerbit Haru Group yang pernah saya review di Instagram maupun blog. Tapi, Ehehe~

Lalu, apa itu Haru Group Awards?

Cekidot...

***


Berdasarkan informasi yang saya baca di akun Instagram Penerbit HaruHaru Awards merupakan sebuah ajang untuk mengapresiasi pihak yang pernah terlibat dalam kerja sama dengan Penerbit Haru. Apresiasi ini akan diberikan untuk para penulis, buku, desainer, dan pembaca/reviewer Penerbit Haru. Namun, kali ini, Haru Group tidak hanya akan memberikan apresiasi terhadap pihak-pihak yang bekerja sama dengan Penerbit Haru saja, melainkan juga dengan pihak-pihak yang bekerja sama dengan Penerbit Spring dan Penerbit Inari.

Info lengkap dapat cek timeline di fanpage FB dan Line Penerbit Haru, ya. Ajang Haru Group Awards ini akan diadakan di Goodreads Penerbit Haru Grup. Untuk dapat mengikuti proses polling, kita bisa langsung join grupnya di sini.

Sebagai pembaca/reviewer buku-buku dari Penerbit Haru Group, ada dua kategori Haru Awards yang bisa kita ikuti, yaitu Haru Awards Kategori Reviewer Terfavorit dan Haru Awards Kategori Bookstagramer Terfavorit. Masing-masing kategori memiliki persyaratan tersendiri.


 

Akan ada tiga tahapan dalam kategori Reviewer Terfavorit, yaitu:
  1. Pendaftaran (1 – 15 Desember 2016). Di sini semua pembaca yang memiliki blog dan pernah me-review buku Haru Grup (Haru, Spring, dan Inari) bisa mendaftar.
  2. Babak Penyisihan (18 – 20 Desember 2016). Seluruh reviewer yang mendaftar dan memberikan persyaratan secara lengkap akan diikutsertakan dalam babak penyisihan.
  3. Babak Semifinal (24 – 31 Desember 2016). Akan dipilih 5 (lima) nama yang berhak masuk ke tahap voting. Voting akan dilakukan oleh pembaca melalui Goodreads. Apabila ada jumlah ‘vote’ yang sama, maka akan dipilih berdasarkan data berapa jumlah buku yang pernah di-review.
  4. Babak Final (5 – 16 Januari 2017). Akan dipilih 3 (tiga) nama dengan jumlah voting tertinggi untuk maju ke babak final. Dalam babak ini akan dipilih satu pemenang berdasarkan voting tertinggi.
  5. Pemenang Haru Grup Awards 2016 kategori Reviewer Terfavorit akan diumumkan pada hari ulang tahun Haru yang ke-6, yaitu pada tanggal 18 Januari 2017.




Akan ada tiga tahapan dalam kategori Bookstagramer Terfavorit, yaitu:
  1. Pendaftaran (1 – 15 Desember 2016). Di sini semua yang pernah me-review buku Haru Grup (Haru, Spring, dan Inari) bisa mendaftar.
  2. Babak Penyisihan (18 – 20 Desember 2016). Seluruh  bookstagramer yang mendaftar dan memberikan persyaratan secara lengkap akan diikutsertakan dalam babak penyisihan.
  3. Babak Semifinal (24 – 31 Desember 2016). Akan dipilih 5 (lima) nama yang berhak masuk ke tahap voting. Voting akan dilakukan oleh pembaca melalui Goodreads. Apabila ada jumlah ‘vote’ yang sama, maka akan dipilih berdasarkan data berapa jumlah buku yang pernah di-review.
  4. Babak Final (5 – 16 Januari 2017). Akan dipilih 3 (tiga) nama dengan jumlah voting tertinggi untuk maju ke babak final. Dalam babak ini akan dipilih satu pemenang berdasarkan voting tertinggi.
  5. Pemenang Haru Grup Awards 2016 kategori Bookstagramer Terfavorit akan diumumkan pada hari ulang tahun Haru yang ke-6, yaitu pada tanggal 18 Januari 2017.

***

Saya sendiri mengikuti dua kategori yang ada. Mohon dukungannya... Hihi.

Untuk kategori Reviewer Terfavorit, saya memasukkan review Everything, Everything karya Nicola Yoon. Kalian dapat membaca review saya di link ini.


Sementara itu, untuk kategori Boookstagramer Terfavorit, saya memasukkan review P. S. I Like You karya Kasie West. Kalian dapat membaca review saya di sini.


Jangan lupa untuk join grup Penerbit Haru di Goodreads. Langsung saja klik link ini untuk menemukan grup tersebut. Kalian bisa langsung melakukan voting di sana.


***

Updated

15 Desember 2016
Sudah dimulai tahap penyisihan untuk kategori:
  1. Penulis dan Komikus Luar Negeri Terfavorit
  2. Buku Terfavorit
  3. Cover Buku Terfavorit
  4. Penulis dan Komikus Indonesia Terfavorit

17 Desember 2016
Saya mendapatkan email dari Penerbit Haru yang menyatakan bahwa saya lolos seleksi tahap pertama untuk kategori Bookstagramer Terfavorit dan Reviewer Terfavorit. Proses seleksi tahap penyisihan dimulai tanggal 18 Desember 2016 di Goodreads Penerbit Haru Grup. Yeay! Jangan lupa untuk vote saya, ya!

Thank you so much in advance...


18 Desember 2016
Tahap penyisihan sudah dimulai! Jadi deg-degan, nih. Hihihi. Please kindly vote me as Bookstagramer Terfavorit dan Reviewer Terfavorit. Caranya mudah sekali.
  1. Memiliki akun Goodreads.
  2. Join grup Penerbit Haru. Langsung klik link ini.
  3. Buka polling list Haru Awards. Langsung klik link ini.
  4. Pastikan kamu sudah menjadi anggota grup Penerbit Haru di Goodreads karena jika belum terdaftar maka polling list akan berbentuk hidden -- tidak terbuka dan kamu tidak dapat mengikuti proses voting.
  5. Cari nama Nia F. S. Kartadilaga pada kategori Reviewer Terfavorit. Posisi nama saya ada di urutan terbawah, ya. Kemudian klik.
  6. Cara akun @niafajriyani pada kategori Bookstagramer Terfavorit. Posisi akun saya juga ada di urutan terbawah, lho. Kemudian klik.


Remember...

Posisi nama/akun saya pada kedua kategori tersebut ada pada posisi terbawah semua. Jadi, sangat memudahkan kamu yang ingin memberikan vote kepada saya dalam mencari nama/akun saya. Hehehe. Asyik, kan?

Deadline untuk voting di tahap penyisihan ini adalah pada tanggal 20 Desember 2016. Semua vote dari kalian sangat berarti bagi saya. Terima kasih banyak untuk semua yang sudah memberikan vote kepada saya dan thank you so much in advance bagi yang akan segera atau berencana memberikan vote kepada saya.

All the votes truly mean a lot!

Selain itu, kamu juga bisa melakukan voting untuk kategori-kategori lainnya. Per tanggal 18 Desember 2016 ini ada enam kategori yang dibuka, yaitu:
  1. Bookstagramer Terfavorit
  2. Reviewer Terfavorit
  3. Penulis dan Komikus Indonesia Terfavorit
  4. Cover Buku Terfavorit
  5. Buku Terfavorit
  6. Penulis dan Komikus Luar Negeri Terfavorit

***

Saya sudah memberikan vote untuk semua kategori. Kamu? Yuk, langsung meluncur ke Goodreads Penerbit Haru Grup.


Cheers!
Have a blessed-day!