11 December 2016

Ajdar by Marjane Satrapi


Judul: Ajdar
Pengarang: Marjane Satrapi (sekaligus Ilustrator)
Jenis: Fiksi, Buku Anak, Graphic Book
ISBN: 978-979-22-5775-5
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit: 2010
Jumlah Halaman: 32
Harga: Sekitar Rp 34.000,00


BLURB


Negeri tempat Mathilde tinggal adalah salah satu negeri paling indah di dunia. Semua aman dan tenteram di bawah pimpinan raja yang baik serta bijaksana.

Suatu pagi, tanah bergetar keras...

Segalanya jadi tunggang-langgang tak keruan. Kata Raja kepada Mathilde, "Ini gara-gara si naga Ajdar, yang tinggal di pusat Bumi. Kenapa dia marah? Gadis kecil, pergilah ke pusat Bumi, temui Ajdar dan tanyakan sebabnya..."


***



Di negeri tempat Mathilde tinggal, ada bermacam-macam orang, mulai dari wartawan berkacamata, bayi yang menangis, pemain sepakbola yang jago sepak bola, sepasang kekasih, orang-orang yang selalu penasaran...

Juga seorang raja. 

Tapi, sang raja sangat sederhana sampai-sampai masih membeli roti sendiri tiap pagi.

Juga ada Mathilde, yang senang main lompat tali.

Di sana juga ada bermaca-macam binatang, seperti kucing, anjing, burung, ikan, biri-biri, beruang, banteng, kura-kura, dan macam-macam lagi.

Semuanya berjalan seperti biasa...

Tetapi, tiba-tiba pada suatu pagi, anjing-anjing melolong, seolah memberitahu ada bahaya.

Burung-burung terbang meninggalkan sarang mereka yang hangat!

Kenapa mereka terbang tinggi?

TERNYATA ADA GEMPA BUMI!!!

Tapi, sebelum semuanya sempat melalukan apapun, ABRAKADABRA, gempa berhenti begitu saja.

Namun semua berubah...

BANYAK BINATANG BARU BERMUNCULAN!

Kuciting
Burupi
Banterung
Kurateng
Ulakan
Sapicing
Dompamu

Aaakk~
Entah ada binatang baru apalagi.

Keadaan manusia pun tidak lebih baik.

Tiba-tiba muncul raja yang baru, wartawan tanpa tangan, pemain sepakbola dengan satu kaki, orang penasaran tanpa dada, pasangan kekasih yang tidak bisa bicara lagi.

Hanya Mathilde yang tidak berubah, soalnya saat gempa bumi, dia terus main lompat tali. Saat melompat, dia berada di antara langit dan bumi, sehingga tidak berubah.

Mathilde pun menemui Raja, "Kenapa bumi melakukan ini pada kita?"

Raja menjawab, "Bukan bumi yang melakukan ini, tapi penjaganya, naga Ajdar."

Raja pun melanjutkan, "Cuma kau yang tidak berubah. Pergilah ke pusat bumi, untuk mencari penjelasan tentang misteri besar ini."

Berhasilkan misi Mathilde?


***


Kisah Mathilde dan naga Ajdar di buku ini sebenarnya merupakan refleksi atas masalah alam dan bencana yang kerap menghantui kehidupan kita.

Ada sentilah halus yang disampaikan oleh naga Ajdar saat Mathilde datang menemuinya dan bertanya, "Kenapa kau membuat gempa bumi?"

Jawaban naga Ajdar sangat sederhana. Katanya, dia sakit punggung.

Lho?
Kok karena sakit punggung saja, naga Ajdar sampai membuat gempa di bumi?

Ternyata...

Sakit punggung yang diderita Ajdar akibat ulah manusia yang seenaknya mengebor pusat bumi dengan mesin-mesin. Nah, mesin-mesin inilah yang mengenai punggung naga Ajdar dan akhirnya membuat dia kesakitan.

Di sini, Marjane Satrapi mengajak kita, melalui karakter naga Ajdar sebagai penjaga bumi, untuk mau menjaga bumi. 


***


Marjane Satrapi merupakan penulis novel, ilustrator, penulis buku anak, serta sutradara berdarah Iran dan berkebangsaan Perancis. Sudah ada buku-bukunya yang beredar luas di seluruh dunia dan diterjemahkan ke dalam beragam bahasa. Di antara buku-buku yang terbit tersebut, sebagian besar merupakan graphic books yang narasi dan ilustrasinya dibuat sendiri oleh Marjane. Ada pula beberapa, yang ilustrasinya bekerjasama dengan ilustrator lain.

Ajdar pertama kali terbit pada tahun 2002. Masuk ke Indonesia pada tahun 2010. Ajdar merupakan salah satu buku karya Marjane Satrapi yang full colors. Narasinya sedikit dan banyak sekali ilustrasi yang dikerjakan sendiri oleh Marjane. Sangat cocok untuk menjadi bacaan anak.

Overal 5/5.

***


Sebagian orang yakin gajah yang menyangga bumi. Orang lain berpendapat kura-kura raksasalah yang melakukannya. Para ahli geologi yakin bukan gajah ataupun kura-kura yang menyangga bumi, tapi yang pasti pusat bumi panas sekali. Aku sendiri yakin panas bumi datang dari api si naga Ajdar. Ajdar yang tinggal di bawah sana, dan berbeda dari anggapan semua orang, dia penjaga bumi yang baik. Dia menjaga kita semua sambil tidur...

- Marjane Satrapi-



Cheers!
Have a blessed-day!