15 October 2016

Spring x Nia - Giveaway The Girl on Paper

IT'S GIVEAWAY TIME!

The Girl on Paper by Guillaume Musso

Seperti yang sudah dijanjikan, Penerbit Spring akan memberikan hadiah satu buah buku The Girl on Paper untuk satu orang pemenang yang mengikuti giveaway The Girl on Paper di blog saya. Caranya mudah sekali.

Sebelum mengikuti giveaway ini, kalian pastikan bahwa kalian sudah membaca review The Girl on Paper yang postingan-nya ada sebelum postingan saya untuk giveaway ini.

Kenapa?

Karena kalian akan lebih mudah untuk mendapatkan gambaran dalam menjawab pertanyaan yang akan saya ajukan untuk kalian di bawah ini...

\(^o^)/

***


Oke... Ini dia cara yang harus kalian lakukan dalam mengikuti Spring x Nia - Giveaway The Girl on Paper. Yuk disimak!

Persyaratan Utama
Peserta wajib mengikuti langkah-langkah berikut ini supaya terdaftar secara resmi sebagai peserta Spring x Nia - Giveaway The Girl on Paper.
  1. Peserta wajib berdomisili dan memiliki alamat pengiriman di Indonesia.
  2. Follow blog saya melalui email. Caranya cukup dengan memasukkan alamat email kalian di kolom Follow by Email yang tersedia di sisi kanan kanan atas blog ini.
  3. Follow akun Instagram @penerbitspring.
  4. Follow akun Instagram @niafajriyani.

Persyaratan Tambahan
Peserta tidak wajib mengikuti langkah-langkah berikut ini, tetapi berhak mendapatkan poin tambahan jika melakukannya.
  1. Like Fanpage @penerbitspring
  2. Follow Twitter @penerbitspring
  3. Like Fanpage @niafajriyani
  4. Follow Twitter @niafajriyani

Edited
Bagi yang mengalami kendala terkait link di persyaratan utama dan tambahan di atas, semua link sudah diperbaiki, ya. Terima kasih sudah memberitahu... Hehehe.


Pertanyaan
Apabila kalian sedang dalam kondisi membutuhkan dukungan dan bantuan ketika sedang menghadapi masalah, siapa tokoh fiksi yang kalian harapkan dapat menjadi support system bagi kalian? Ceritakan alasannya.
  1. Jawaban ditulis di kolom komentar di bawah ini dengan menyertakan nama tokoh fiksi dan dari mana tokoh fiksi tersebut berasal (bebas dari buku, film, drama, sinetron, dan lainnya).
  2. Sertakan Nama, alamat email, dan nama-nama akun sosial medias yang kalian cantumkan ketika mengikuti persyaratan utama dan tambahan di atas.

Contoh Jawaban
Nama: Nia F. S. Kartadilaga
Email: niafajriyani@gmail.com
Twitter/Instagram/Facebook: @niafajriyani

Saya ingin Billie dari buku The Girl on Paper yang menjadi support system saya ketika saya sedang menghadapi masalah berat. Kayanya akan menyenangkan jika Billie bisa menjadi seperti teman perempuan yang bisa menjadi tempat saya curhat, menangis bareng, atau tertawa bareng. Bahkan, bisa menjadi teman mengatai orang lain yang jadi penyebab munculnya masalah tersebut.

***


Mudah, kan, ya caranya?
Tunggu apa lagi?
Ayo segera tuliskan jawaban kalian di kolom komentar sekarang juga!

\(^o^)/

Saya akan memilih satu orang pemenang yang berhak mendapatkan satu buah buku The Girl on Paper pada tanggal 23 Oktober 2016. Hadiah kepada pemenang akan dikirimkan langsung oleh Penerbit Spring.

Baca lagi review The Girl on Paper di postingan saya sebelumnya supaya bisa lebih mendapatkan gambaran jawaban.



Cek juga blog-blog yang tertera di banner Blog Tour The Girl on Paper ini untuk melihat postingan yang berisi review dan juga giveaway berhadiah buku The Girl on Paper dari teman-teman blogger lainnya. Kami posting serentak pada hari ini semua, lho.

May the odd be ever in your favor!

Cheers!
Have a blessed-day!

103 comments:

  1. Nama : Heni Susanti
    Email : henis_minozz@yahoo.com
    Twitter/Instagram/Facebook : @hensus91/Heni's Henis

    Aku ingin Margot dari buku To All The Boys I've Loved Before & PS. I Love You yang menjadi support system saat aku sedang mengalami masalah berat. Margot adalah sosok kakak perempuan yang nyaris sempurna dengan sifat tenang dan bisa diandalkan. Dia akan menjadi orang yang tepat untuk mendinginkanku saat aku sedang panas dilanda masalah. Dalam novel itu, Margot juga digambarkan sebagai sosok yang sangat dekat dengan adik-adiknya dan menjadi idola mereka. Margot adalah panutan untuk kesabaran dan tidak egois demi keluarga. Dia juga adalah teman yang tepat untuk berbagi kisah. Dia yang dewasa dan mampu berpikir jernih akan menjadi sosok tepat untuk mendukungku maju.

    Margot adalah sosok fiksi idolaku yang baru. :D

    Demikian dan terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Heni. Terima kasih sudah mengikuti GA ini. Btw, Margot juga karakter yang saya sukai dari kedua bukunya Jenny Han itu. Goodluck ya! :)

      Delete
    2. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
    3. Iya, jadi mikir kenapa aku gak bisa kaya Margot ya? :D
      Terima kasih juga kesempatannya

      oh ya, pengumumannya kapan ya Mbak?

      Delete
    4. Jadi diri sendiri sudah cukup, sambil mengadaptasi hal positif yang dimiliki oleh Margot untuk kita lakukan juga. Hehe. Pengumuman pemenang sudah ada dan bisa dilihat di postingan setelah ini, atau di akun-akun socmed saya. Maaf, ya, karena telat satu hari. Respon positif dari peserta yang cukup banyak ternyata membuat saya butuh waktu lebih untuk bisa memilah dan memilih pemenang, supaya saya bisa benar-benar membaca setiap jawaban dan memastikan peserta sudah mengikuti aturan dengan benar... :)

      Delete
  2. Nama: Larastanie Afdha
    Email: Larastanie24@gmail.com
    Twitter: @Larasta_

    Aku sih ingin menjadikan Doraemon sebagai Support System aku :D Buatku tidak perlu yang tampan, yang mapan ataupun yang populer. Cukup yang ajaib saja. Karena Doraemon bisa mengeluarkan benda ajaib dari kantong ajaib nya aku pikir itu bagus buat membantu pekerjaanku atau masalah-masalah yang sulit untuk aku kerjakan atau hadapi. Seperti Nobita yang selalu punya masalah dengan Pekerjaan Rumahnya ataupun teman-teman nya, Doraemon lah yang selalu membantu dan menyupport Nobita untuk menyelesaikan masalahnya, mereka juga jadi sahabat yang baik. Jadi aku ingin Doraemon untuk menjadi Support systemku sekaligus sahabatku...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Laras. Terima kasih sudah mengikuti GA ini. Iya, tuh, pasti asyik ya kalau kita punya sahabat seperti Doraemon. Hahaha. Anyway, goodluck! :)

      Delete
  3. Nama: Rohaenah
    Email: rohainalilis@gmail.com
    Twitter: @rohaenah1
    Jawaban: saya ingin Jacob Black tokoh dari novel seri Twilight saga karya Stephanie Meyer yg jadi support system saya. Bagi saya mempunyai sahabat seperti Jacob adalah hal terbaik dimana dia selalu ada dan mendukung saya walau apapun yg terjadi. Andaipun suatu saat ada yg berubah dari saya dia selalu menjadi teman terbaik dan menerima saya apa adanya dengan segala kelebihan dan kekurangan saya yg notabene orangnya ceroboh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Rohainah. Terima kasih sudah mengikuti GA ini. Ah, kamu tim Jacob ya. Sebagai teman, Jacob memang tipikal yang akan selalu ada untuk temannya. Goodluck, ya! :)

      Delete
  4. Nama: Nurwahidah
    Email: wawcuz@gmail.com
    Twitter: @wawha_cuza
    Instagram: dearlangit
    Jawaban: Ali dalam novel Tere Liye Bumi, Bulan dan Matahari. Alasannya sederhana, dia lucu, pikirannya logis dan suka bereksperimen. Rasa-rasanya kalo lagi down, aku butuh seseorang yang bisa kasih sentakan dan serunya lagi Ali bakal menghibur aku dengan mengajakku melakukan eksperimen-eksperimen gilanya. AKu bisa menglihkan pikiranku yang kacau ke hal yang lebih bermanfaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Nurwahidah. Terima kasih sudah mengikuti GA ini. Saya belum pernah berkenalan dengan Ali. Sepertinya dia memang akan cocok untuk menghidupkan suasana supaya menjadi lebih hidup, ya... Goodluck! :)

      Delete
    2. :) Iyaa, terima kasih atas kesempatannya semoga aku bisa menangin buku ini, hihihi. Btw, semoga cepat kenalan sama Ali yaaa.. dia punya porsi besar dalam novel Matahari-nya Tere Liye.

      Delete
    3. May the odd be ever in your favor :)

      Delete
  5. Nama: Insan Gumelar Ciptaning Gusti
    Email: alamadt_saya@yahoo.com
    Twitter: @san_fairydevil
    Instagram: @callmeinsan

    Jawaban:

    Karena disitu ditulis kata 'lainnya', jadi aku memilih mengambil dari karakter ANIME >_<
    Pernah dan ini beneran terjadi, waktu aku lagi galau dan merasa pesimis, aku langsung keinget jalan cerita di anime Naruto. Bagaimana perjuangannya. Bagaimana kisahnya. Lalu disisi lain, aku juga inget bagaimana kisah persahabatan mereka. Jadi kalo ada karakter fiksi yang aku ingin hadir ketika aku lagi dibawah adalah pasangan sejoli. Uzumaki Naruto dan Uchiha Sasuke. Hahaha :D

    NB: Baper karena animenya udah mau tamat T_T
    (Mungkin bagi yang mengikuti jalan cerita Naruto, akan paham dengan apa yang aku maksud)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Facebook: Insan Gumelar Ciptaning Gusti

      Delete
    2. Halo, Insan. Saya tidak mengikuti anime Naruto, sih. Jadi totally blank untuk membayangkan bagaimana karakter Uzumaki Naruto dan Uchiha Sasuke. Tapi kalau kamu sampai ingin mereka berdua yang menjadi support system kamu ketika kamu sedang menghadapi masalah, ditambah kamu juga mengingat kisah dan persahabatan tokoh-tokoh di anime Naruto, berarti keberadaan mereka signifikan sekali bagi kamu. Saya juga mengenal beberapa teman yang menemukan "obat" lewat tayangan yang mereka ikuti ceritanya, tokoh yang mereka sukai dari tayangan tersebut, dan lainnya. Dengan mengingat hal-hal ini ketika down, mereka menemukan semangat baru lagi... Seperti pengalaman kamu. Goodluck, ya! :)

      Delete
  6. nama : vadia rahman salsabila
    email : vadiaswft89@gmail.com
    twitter : @vadiamendes98

    Bismillah^^

    Naruto:'v karena dia adalah orang yang penuh semangat, selalu optimis, mempunyai mimpi yang tinggi dan orang yang sangat setia kawan. Saat aku terpuruk mungkin dia bisa bisa datang pada aku, memberiku banyak pelajaran dengan berbagai hal sederhana yang dia lakukan, menghibur aku dengan tingkah konyolnya, dan terus menginspirasi aku untuk selalu yakin bahwa aku bisa, tak kenal kata lelah, tak kenal kata mundur. Aku rasa Naruto adalah orang yang benar-benar dibutuhkan saat aku down, karena dia bisa jadi segalanya, sahabatku, penyemangatku, inspiratorku sekaligus penghiburku.

    Wassalam:'v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Vadia. Sayangnya saya tidak mengikuti serial Naruto, ya, jadi saya belum terbayang karakternya dia. Tapi, berhubungan kamu dan Insan sama-sama menginginkan Naruto sebagai support system kalian, berarti memang dia memiliki unsur-unsur positif dan tepat dijadikan sebagai orang yang bisa menemani kalian ketika kalian sedang down. Anyway, goodluck! :)

      Delete
  7. Nama: Bintang Maharani
    Email: btgmhrn@gmail.com
    Twitter: @btgmr

    Alya Kristina Salim. Mungkin nama ini agak asing didengar, tapi kalau saya bilang "Alya AADC" pasti langsung pada tahu semua :)

    Alya adalah salah satu tokoh fiksi dengan karakter lembut, sangat perasa serta sangat peka terhadap situasi di sekitarnya. Pembawaannya yang tenang dan pendiam mampu mengademkan orang sekelilingnya yang justru sedang dilanda emosi dan tak bisa berpikir jernih. Dia mampu jadi penyeimbang dan peluluh hati - ibarat sekolam air di tengah kepungan api. Ketenangan yang Alya miliki itu sangat saya butuhkan sebagai pendukung secara moril karena sifat saya lumayan bertolak belakang dengan kepribadian lembut Alya.

    Alya itu selalu berusaha menghibur orang lain agar jangan sampai selalu bermurung seperti dia. Saat orang lain berusaha menghiburnya, justru dia yang menenangkan orang lain untuk tidak khawatir padanya. Alya bukan tipe egois atau keras keras kepala. Dia seperti kapas saat bertemu dengan batu - merangkul dan menyelimuti dengan cara yang halus. Dia menampung segala keluh kesah temannya walau dia sendiri sudah punya kehidupan yang kacau. She's so loveable. Jangankan untuk berteriak kepadanya, mau marah musuhan cuma beberapa hari aja rasanya tidak tega. Hehe.

    Saat saya dalam kondisi terpuruk, saya bisa berkaca dari Alya. Dia selalu stay positive; masih bisa tersenyum, tertawa, dan menari meski hatinya sedang remuk redam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Bintang. Saya juga memiliki soft spot untuk Alya, nih. Ketika orang lebih banyak membahas kisah Rangga dan Cinta sejak AADC 1, saya justru lebih tertarik dengan kisahnya Alya. Itulah kenapa saya tidak tertarik mengikuti AADC 2 karena tidak ada Alya. Hehe. Goodluck! :)

      Delete
  8. Nama : Diana Solihat
    Email : dnsolihat@gmail.com
    Twitter : @dianasolihat_30
    Ig : _thlshp

    Saya akan memilih mika, dari serial wattpad the rulesnya wulan fadi.

    Alasannya sederhana, karena dia lucu, humoris, dan yang paling penting adalah pendengar dan pemberi nasihat yang baik.
    Walaupun mika ini kadang-kadang suka bertingkah aneh, yaa bisa dikatakan "gesrek otaknya", petakilan, dan sering bicara dengan makhluk halus (btw, dia punya indra ke6). Tapi dia bisa menyesuaikan tingkah dan perilakunya pada kondisi dan situasi tertentu.
    Dia bisa menjadi orang yang teramat jail terhadapnya, tapi bisa menjadi teramat peduli pada temannya ketika temannya itu memiliki masalah.
    Dan saya rasa, saya butuh orang seperti ini disaat saya sedang kesusahan.
    Ya, dia akan menjadi penasihat sekaligus penghibur yang baik untuk saya. Sehingga, mungkin setelahnya masalah saya akan terasa ringan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Diana. Wah, saya belum berkenalan dengan Mika nih. Saya juga tidak mengikuti Wattpad, sih. Saya terbelakang sekali kalau sudah berurusan dengan Wattpad... Hehehe. Dari deskripsi kamu, sepertinya Mika ini seru, ya, orangnya sebagai teman. Apalagi kamu bilang dia ini "gesrek otaknya" dan petakilan. Terbayang orang yang tidak bisa diam dan selalu meramaikan suasana. Goodluck! :)

      Delete
  9. Nama: Aya
    email: lonelyangel.ayya@gmail.com
    IG: @aya.ayya1105

    Aku ingin Hogu dari drama korea Hogu's Love yang menjadi support system aku. Alasannya karena dia memiliki senyum yang tulus dan bisa membuat aku tersenyum bersamanya, dan aku bisa melupakan masalahku untuk sementara waktu. Hogu adalah pribadi yang baik hati dan terkesan polos, sehingga aku bisa mengeluarkan semua keluh kesahku tanpa penghakiman, aku rasa dia akan mengerti dan menjadi pendengar yang baik. Hogu juga penuh cinta, sehingga ia bisa merangkul aku ketika aku terpuruk. Ya walau pun dia memiliki pemikiran polos dan terkadang terlihat bodoh, aku percaya dia akan selalu membantu aku dalam kesulitan. Bahkan mungkin dia akan memarahi dan memusuhi orang atau benda atau apa pun yang menggangguku, meskipun ia akan kalah jika samapai beradu fisik hehe...
    Dia akan menjadi pendukung yang baik untukku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Aya. Wah, saya juga mengikuti drama Hogu's Love saat dramanya airing. Jadi, saya bisa membayangkan kenapa kamu bisa memilih dia sebagai support system kamu dan di drama juga terlihat bagaimana dia bisa menjadi penengah dan membantu mencarikan solusi untuk setiap masalah yang menimpa orang terdekatnya, ya. Goodluck! :)

      Delete
  10. Nama: Nurul Astri
    Email: astristyles82@gmail.com
    Twitter: @nurulastrirmdn

    Karena aku tipe orang yang nggak asik alias datar-datar aja, aku pilih Damen dari novel Evermore karya Alyson Noel. Damen ini punya karakter yang romantis dan penuh kejutan. Nggak tertebak pokoknya. Dia juga punya semacam sihir untuk menghasilkan suatu benda. Seperti yang Damen berikan, yaitu bunga dari hasil sulapnya untuk sang kekasih, Ever. Kebetulan, karakter Ever hampir mirip seperti aku. Jadi pas banget kan ya...

    Kalau Damen beneran datang secara nyata di depanku, aku akan membuat banyak pengalaman bersamanya. Nantinya, pengalaman itu kutulis sendiri sebagai kisah hidupku. Syukur-syukur kalau benar dibukukan XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Nurul. Saya belum pernah membaca Evermore, jadi belum berkenalan dengan Damen dan Ever. Semoga bisa bertemu Damen versi kamu. Hihi. Goodluck! :)

      Delete
  11. Nama: Bety Kusumawardhani
    Email: aki.no.melody@gmail.com
    Akun twitter/IG/FB: @bety_19930114 / Bety Kusumawardhani

    Aku ingin Regan dari buku the Chronicles of Audy yg diharapkan menjadi support system-ku. Alasannya Regan sebagai anak tertua dan kakak laki-laki yg sangat peduli dengan masalah-masalah yg terjadi di sekitarnya. Dia tidak akan berpikir dua kali untuk merelakan kepentingan pribadinya untuk mencari solusi dari masalah yang dihadapi orang lain. Dia adalah sosok seorang kakak yg bijaksana, tanggung jawab, berpikiran luas, terbuka dan mau menerima masukan. Apalagi dia bertanggungjawab mengemban tugas menggantikan kedua orang tuanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Bety. Kamu tim Regan rupanya. Pesonanya anak sulung memang seperti itu *loh*. Hehe. Goodluck, ya! :)

      Delete
  12. Nama: Syifa Fauzia D
    Email: sfdesiana@gmail.com
    Twitter: @cipcippaaao
    IG: @sxingdae
    Facebook: Syifa Desiana Yusuf

    Oh iya, aku pengen follow fanpage kakak tapi kok ga nemu ya?

    Kalau disuruh pilih satu support system, entah kenapa langsung kepikiran sama Thomas dari novel yang baru diterbitkan oleh Penerbit Spring, yaitu Being Henry David. Sosok Thomas lebih seperti seorang teman, namun terkadang seperti ayah. Ia nyaman diajak bicara, pendengar yang baik, orang yang tenang, serta pemberi saran yang baik. Saya membutuhkan orang seperti itu ketika sedang menghadapi masalah. Ia akan setia mendengarkan cerita kita, dan ia juga mempunyai solusi yang baik. Serumit apapun masalah tersebut, bahkan ketika tidak masuk akal sekalipun, ia pasti mencoba mengerti bagaimana keadaan kita dan akan berusaha untuk mencarikan jalan keluar yang terbaik. Ia membuat kita nyaman bercerita karena karakternya yang tenang. Selain itu, ia juga peduli terhadap orang lain. Orang dengan karakter seperti Thomas benar-benar mengagumkan. Dan saya rasa agak susah menemukan orang yang persis seperti itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Syifa. Iya, saya memang sempat salah memasukkan link untuk fanpage. Maaf, ya. Duh, Being Henry David masih masuk wishlist saya. Belum terbeli. Huhu. Kalau dari review beberapa teman, mereka juga suka dengan karakter Thomas dengan alasan seperti yang kamu sebutkan. Goodluck! :)

      Delete
  13. Nama : Rinita
    Twitter : @Riniravyy
    Email: rinivir90@gmail.com

    Langen-Cewek!!! by Esti Kinasih
    alasannya, langen cewek tangguh yg bisa mempertahankan martabatnya sbg wanita sejati di hadapan cowoknya, dan selalu support system buat kedua temennya Fannu dan Febi dalam menghadapi pacarnya yang terlalu terobsesi dengan hobinya dan menganggap cewek enteng bahwa cewek pantasnya berada di rumah aja. gak boleh ikutan naik gunung. selain tokoh yg luar biasa, langen juga menginspirasi banget deh posisinya. walaupun sikap nakalnya itu, eheem gak boleh di contoh ya. ambil sisi positifnya, yaitu cewek tangguh!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Rinita. Karakter Langen di Cewek!!! itu memang mendominasi sekali girl powernya. Kalau sudah urusan membela harga diri, dia yang akan maju duluan -- bahkan ketika membela sahabat-sahabatnya, Fani dan Febi. Walau memang benar, ada beberapa sikap dan sifat dia yang sebaiknya tidak ditiru oleh sesama perempuan. Hihi. Goodluck! :)

      Delete
  14. Nama : jawahirul arifah
    akun twitter : @jawarifah
    Email : djawakudus@gmail.com

    Jawaban : aku ingin menjadikan tokoh Caraka dalam Novel Let Go karya Windhy Puspitadewi sebagai support system saya.
    Kenapa si Caraka ? Karena si Caraka itu blak blakan ngomongnya, penyayang temen, kalo si Caraka diledekin sama temen suka dibales pake otot, bukan otak dan ngga pilih kasih. Kata guru Caraka, otak Caraka itu transparan, sehingga bisa tau apa yg sedang dipikirkan. Haha.
    Selain itu, aku suka gaya Caraka pas dia malu-malu saling menyukai si Nadya.
    Satu hal lagi kenapa aku ingin menjadikan tokoh Caraka sebagai support system, karena si Caraka ini suka terjebak dalam urusan orang lain dan akhirnya membuat si Caraka belajar banyak tentang sesuatu yg selama ini ditakuti oleh Caraka. Yaitu kehilangan. Aku ingin belajar dari Caraka, gimana cara merelakan kehilangan.
    Sekian dan terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Jawahirul. Hampir saja saya tertukar dengan novel Never Let Go. Hehe. Beda penulis. Berhadapan dengan isu kehilangan itu tidak mudah, memang. Semoga kalau kamu bertemu dengan Caraka, kalian bisa saling belajar dan menemani saat harus merelakan kehilangan. Goodluck! :)

      Delete
  15. Nama :laurensia bertha agustin
    Email:laurensiaberthaa@gmail.com
    IG. :@laurensiaberthaa
    Fb. :laurensia bertha agustin

    “Tokoh fiksi sebagai support system aku?“
    Hmm.. Aku pengen ‘Wira‘ dalam novel Apapun Selain Hujan karya Orizuka menjadi support system aku.
    Kenapa? Karena wira adalah tipe cowok yang tidak gampang untuk menyerah, dia selalu peduli dengan sekitarnya dan ramah,berprestasi,tidak sombong, bahkan dia lebih mementingkan persahabat dari pada cintanya. Selain itu aku dapat belajar dari novel tersebut bahwa ’kesalahan apapun yang kamu perbuat atau kamu mempunyai ketakutan yang begitu dalam, jangan mudah menyerah untuk menaklukannya. Karena jika kamu terus berada didalam ketakutan tersebut maka kamu akan semakin hancur ..’ 'kejar apapun yang kamu mau dan semua cita-citamu, dan jangan lupakan semua perjuangan orang-orang yang telah mensupportmu'

    Sekian, terimakasih. Wish me luck :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Laurensia. Saya belum berkenalan dengan Wira. Berdasarkan pembelajaran yang kamu dapatkan dari karakter Wira dan isi novelnya secara umum, positif sekali berarti ya isi buku tersebut... Goodluck! :)

      Delete
  16. Nama : Ayu Puspita
    Email : psptcie17@gmail.com
    Instagram : @psptcie
    Facebook : Ayu Puspita Cie


    Saya ingin sosok Barga--tokoh fiksi dalam cerita wattpad karya Veradsh, yang menjadi support system saya ketika saya sedang berada dalam masa sulit ataupun masalah. Sepertinya akan menyenangkan bila Barga ada di dunia nyata, atau mungkin ditarik kedunia nyata. Barga itu punya karakter yang jarang sekali dijumpai pada manusia didunia nyata. Barga juga bukan tokoh fiksi yang semua karakternya sempurna. Barga itu punya karakter yang pokoknya bikin saya dan teman-teman saya cinta. Barga itu hisa menempatkan diri, dimana dia harus bersikap dewasa, dan dimana dia harus bersikap sewajarnya umurnya. Barga itu friendly, humoris, penyayang, mau berjuang buat orang yang dia sayang, sholeh, keras kepala banget buat ngebahagia-in orang terdekatnya, gak pantang menyerah juga sebelum dia berhasil. Pokoknya cinta banget sama karakternya Barga. Saya memilih Barga, karena sepertinya seru bila saya menjadi adiknya, dan dia menjadi kakak saya. Berbagi cerita seusai dia pulang kuliah, menghabiskan waktu di hari libur, bertengkar karena perebutan suatu barang, marah-marahan, minta maaf jika ada yang salah, melaksanakan sholat bareng, meminta bantuan ketika kesulitan mengerjakan PR, meminta bantuan dan solusi ketika ada masalah, dll. Pokoknya semuanya dilakukan bareng deh, dari mulai matahari terbit hingga tenggelam.
    Dan saya pengen Barga mengajarkan saya untuk ikhlas menerima dan menjalani pahit manisnya kehidupan. Walaupun sebenarnya saya sudah banyak belajar dari karakternya Barga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Ayu. Terima kasih sudah mengikuti GA ini. Saya belum pernah membaca cerita Wattpad yang dimaksud. Terbayangnya Barga ini cukup dewasa meskipun usianya belum bisa dikatakan dewasa, ya? Goodluck! :)

      Delete
  17. Nama: Maria Elsa
    Email: mariaelsa286@gmail.com
    IG: xoxoelsaaa

    Kalau disuruh memilih karakter fiksi untuk dijadikan support system aku langsung menginginkan DORAEMON >_< Alasannya doraemon itu sangat membantu sekali disaat lgi kesusahan, doraemon juga setia terbukti dia selalu ada buat nobita disaat nobita mendapatkan nilai jelek doraemon juga selalu menasehati nobita dan memperingati nobita jika hal yg ingin dilakukan nobita salah. Sosok doraemon bisa seperti sahabat, dan keluarga karena saling mengingatkan :) meskipun itu semua tak luput dari alat bantunya yang keluar dari kantong ajaib 😁
    Di otakkupun selalu terpikir jika aku kesulitan dalam pekerjaan atau lagi dilanda putus asa suka bergumam andai doraemon disini punya pintu kemana saja atau mesin waktu abad ke 22 :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Maria. Kamu fans Doraemon? Saya banyak bertemu dengan orang-orang yang menyukai Doraemon dan berharap bisa memiliki Doraemon versi mereka masing-masing. Hihi. Anyway, goodluck! :)

      Delete
  18. Nama: Annisa Fitrianda Putri
    Email: afitriandap@gmail.com
    Twitter/IG/Faceboo: afitriandap

    Hae, Mak Nia~ ku mau jawab salah satu tokoh yang ada di The Girl On Paper, tapi ku belum baca, jadi kutaktaktak mungkin ngasal. Karena harus aku mendapatkan buku itu. *ikat kepala*

    Since you didn’t mention the minimun or maximum answers, my dream support systems are Carrie Bradshaw, Samantha Jones, Charlotte Goldenblatt, and Miranda Hobbes from Sex and The City movies.

    Sok fancy banget nih si nica. Tapi kenapa mereka?
    Aku sepakat bahwa enggak semua manusia bisa dengan mudah menyelesaikan permasalahan yang hadir di dalam hidupnya dengan diri sendiri sebagai tools, dan dengan sempurna. Seperti yang Socrates katakan, di ulasan The Girl On Paper yang Mak Nia buat, bahwa kita membutuhkan orang lain untuk mengeluarkan, atau melihat penyelesaian masalah itu, meski ada di dalam diri kita. Semacam bidan gitu, ya.

    Carrie, Samantha, Charlotte, dan Miranda adalah cermin untuk satu sama lain. Mereka punya permasalah mereka masing-masing. Carrie dengan Big, Samantha dengan perasaan diabaikan (dan bukan lagi soal seks), Charlotte soal ketakutan lari di pagi hari (yang selalu rutin dia lakukan) setelah mengetahui bahwa dia hamil, dan Miranda dengan perselingkuhan suaminya yang disebabkan karena they had not enough sex.

    Carrie butuh melihat kejadian yang super-duper-lucu untuk bisa keluar dari kedukaannya karena ditinggal begitu aja oleh Big. Samantha butuh dihadapkan dengan kenyataan-kenyataan, butuh dihadapkan dengan siapa dia sebenarnya, apa yang membuat dia bahagia, dan apakah ia selama ini sudah cukup bahagia atau belum, atau ia terus berusaha membuat pasangannya bahagia. Charlotte, anggota geng yang kelihatannya memiliki hidup paling sempurna pun dihadapkan dengan ketakutan-ketakutannya sendiri, kerentanannya, tentang menjadi seseorang yang—mungkin—bercelah. Begitupun Miranda, yang tampil sebagai seorang pengacara, dan pada satu titik harus menyerah pada logika di jembatan Brooklyn, menyadari siapa lagi yang akan memberitahunya tentang busa kopi yang menempel di wajahnya kalau bukan.... ah!

    Keempatnya bisa menjadi cermin bagi satu sama lain, meski mereka kesulitan menjadi penyelamat untuk diri mereka sendiri. Dan bagaimana Samantha dengan sigap membagi tugas kepada Charlotte dan Miranda untuk membawa Carrie segera menuju mobil karena Big tidak datang. Kemudian bagaimana Miranda dan Samantha bekerja sama untuk apartemen Carrie lagi.

    Duh panjang bangetlah. Ya... intinya, aku kepengin memiliki sistem pendukung yang bisa menjadi cermin, yang bisa selalu ada, yang bisa ‘memaksakan’ diri terbang dari LA ke New York hanya untuk memilah mana yang harus disimpan dan mana yang harus dibuang.
    Kecil, tapi kalau kita enggak bisa menghargai mulai dari yang kecil, kan.... bagaimana bisa kita menghargai yang besar?

    Sekian. Terima kasih bukunya, Mak *apaan*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Annisa. Duh, para tante hebring ini memang sesuai sekali, ya, kisah persahabatannya. Di balik gemerlap dunia mereka yang terkesan super hedon itu, tersimpan segala jenis masalah dan peliknya kehidupan. Halah. Tapi, itu yang bikin mereka real sebagai manusia, sih. Real juga sebagai sahabat yang ada untuk satu sama lain apapun kondisinya. Anyway, goodluck! :)

      Delete
  19. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  20. Nama : Rani W
    Email : ranidaiki@gmail.com
    Instagram/Twitter/Facebook : @raniwidiyansyah/ Rani Widiyans

    Saya ingin Baymax dari Big Hero 6 yang menjadi support system saya. Karena selain fisiknya yang lucu dan selalu dapat membuat tersenyum, baymax juga enak untuk di peluk, tingkahnya yang lucu selalu bisa melupakan kegelisahan, belum lagi dia personal asisten kesehatan yang sangat kompeten, baymax juga mengerti tentang perasaan seseorang melalui scanningnya. Dia juga selalu memberi saran ketika perasaan seseorang sedang kacau, menjadi pendengar yang baik, memberi obat kalau seseorang terluka. Baymax juga tau, ketika seseorang sedang sedih, segala yang di perlukannya adalah pelukan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Rani. Terima kasih sudah mengikuti GA ini. Saya juga mau Baymax, dong. Satu saja. Ehe... Goodluck, ya! :)

      Delete
  21. Nama: Aya Murning
    Email: ayamurning@gmail.com
    Instagram/Twitter/Facebook: @murniaya / Aya Murning

    Ray dari film Hancock. Ray itu lelaki yang selalu bisa melihat sisi positif dari setiap orang. Even sometimes it was not there, but he always sees the good in everybody. I need a person like him. Kalau seorang Hancock saja bisa diyakinkan dan diarahkan menjadi superhero padahal selama ini Hancock hidup serampangan, sering merusak fasilitas kota, punya watak keras kepala, dan nggak punya attitude karena nggak ada orang yang peduli dengan dia. Saat Hancock membantu menyelamatkan nyawa Ray yang terjebak dalam mobil di tengah rel kereta dengan menjungkir balikkan mobilnya sebelum kereta melintas, orang-orang di sekitar tetap saja membenci Hancock akibat sudah sering menonton liputan yang memberitakannya selalu yang jelek-jelek. Tetapi Ray justru berterima kasih dan berlaku baik pada Hancock.

    Sebenarnya kalau udah nonton filmnya pasti lebih bisa paham Ray ini bagaimana perannya terhadap hidup Hancock. Sangat besar. Hancock yang sendirian, nggak punya teman apalagi saudara. Bahkan seluruh kota membencinya, kecuali Ray dan anaknya. Dia punya misi to change the world. Dunia aja mau dia ubah ke arah kebaikan yang penuh cinta dan perdamaian, gimana dengan manusia? Nggak heran kalau dia bisa lakukan itu pada Hancock.

    Ray punya visi dan misi yang kuat untuk membangkitkan keterpurukan, baik itu urusan dunia atau pun manusia. Jika aku bisa punya back up atau support system seperti Ray--entah sebagai kakak atau ayah atau om atau guru atau tetangga atau bahkan suami--dia pasti akan sangat membantu kesulitan hidupku saat aku berada di titik nadir. Dia orang yang sangat terbuka dan menerima keluh kesah siapa pun. Bukan cuma mau membuka telinga, dia pun selalu kasih feedback berisi nasihat dan jalan keluar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Aya. Terima kasih sudah mengikuti GA ini. Saya juga suka dengan karakter Ray. Rasanya tidak mudah untuk selalu bisa menemukan hal positif pada orang lain, apalagi kalau label negatif sudah terlanjur sangat melekat ya. Itulah alasan saya selalu respect orang-orang yang bisa melakukannya, termasuk karakter Ray ini. Jadi semacam disuruh berkaca ke diri sendiri kalau bertemu orang-orang seperti Ray ini; sudah sehebat apa, sih, sampai memandang diri lebih tinggi dibandingkan orang lain, terutama dari orang-orang seperti Hancock? Anyway, goodluck! :)

      Delete
  22. Kejora Anaphalisa
    Email: phalisia19@gmail.com
    Twitter:@anaphalisia
    IG: @kejoraanaphalisia
    Support systems? Saya nunjuk Missy sama Romeo deh, tokoh di The Chronicles of Audy. Kenapa mereka? Saya nggak ‘setabah’ Romeo kalo lagi punya masalah. Nggak serealistis Missy pula. Di saat-saat terimpit masalah, saya cuman butuh mereka untuk duduk di samping saya. Dengerin keluh kesah saya yang mungkin kepanjangan. Seperti karakter Romeo, dia pasti bakalan diam menyimak dan berusaha menghibur. Atau Missy, meskipun bisa saja diomelin yang pedas-pedas, tapi dia seringkali punya solusi oke. Dan, seringnya beban saya perlahan surut kalau lagi sama-sama dengan orang yang kocak kayak mereka itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Kejora. Nah, kalau kamu tim Romeo, ya. Hihi. Kombinasi Missy dan Romeo itu perfect, sih, untuk membantu kembali menghidupkan suasana... Goodluck! :)

      Delete
  23. Nama : Gilang Maulani
    Email : gilangmaulani08@gmail.com
    Twitter/IG : @gemaulani
    Jawaban : aku ingin Dilan dalam novel Dilan, Dia Adalah Dilanku Tahun 1990 yang menjadi support systemku. Meskipun Dilan itu geng motor tapi karakter Dilan sangat menyenangkan dan sopan. Lebih tepatnya Dilan dapat membuat aku tersenyum dan tertawa dengan tingkahnya yang berbeda ketika mendekati cewek yang disukainya. Tingkahnya yang konyol. Campuran kalimat yang baku dan tidak baku dalam setiap ucapan Dilan pasti akan membuatku terhibur. Dilan juga setia kawan, kalau aku mengalami masalah berat tentu akan siap membantu. Aku juga mau naik motor bersama Dilan ke tempat yang sunyi yang jauh agar bisa menenangkan pikiran yang dilanda masalah berat untuk sejenak. Pokoknya bersama Dilan aku yakin bisa menghadapi masalah apa pun itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Gilang. Terima kasih sudah mengikuti GA ini. Dilan memang tipikal teman laki-laki yang lovable, yang kalau kita bersama orang-orang seperti dia pasti tidak akan membuat kita merasa bosan ya... Goodluck! :)

      Delete
  24. Nama: Launa Rissadia
    Email: launarissadia@gmail.com
    IG: @launarissadia

    Aku mengharapkan Rex Rashad dari buku seri The Chronicles of Audy - Orizuka yang menjadi support system aku ketika aku sedang menghadapi masalah. Rex itu orangnya cuek dan dingin. Tapi sebenarnya dia memiliki hati yang lembut dan perhatian banget. Terlebih sama orang yang ia sukai. Ketika yang lain enggak/kurang perhatian sama skripsinya Audy, diam-diam justru Rex lah yang paling perhatian dan peduli. Rex juga peduli dengan masalah yang dialami Audy. Kayaknya enak dan menyenangkan aja gitu kalau punya teman/sahabat/kekasih yang sifatnya seperti Rex.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Launa. Nah... Kalau kamu tim Rex, ya. Tapi memang karakter laki-laki di keluarga Rashad memiliki keistimewaan dan daya tarik masing-masing, sih... Goodluck! :)

      Delete
  25. Nama : Cahya W.
    Email : cahyaembun04@gmail.com
    IG : @cahya.wid | Twit : @cahyawid | FB : Cahya Widyastutik

    Saya berharap seorang Diva Anastasia dari Supernova-nya Dee Lestari yang menjadi support system saya. Selain memiliki rupa yang memikat, Diva juga memiliki kemampuan berpikir di atas rata-rata. Pemikiran yang dia miliki jauh lebih maju daripada orang kebanyakan. Mungkin menyenangkan bisa bercakap atau sharing dengan orang yang memiliki kesadaran tinggi seperti Diva. Wawasan yang dia punya ngga perlu didustakan lagi.
    Jadi, disaat saya lagi rapuh-rapuhnya saya berharap Diva bisa jadi teman ngopi sekaligus ngobrol yang baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Cahya. Benar sekali. Ada kalanya ketika kita sedang down justru butuhnya mengobrol, berdiskusi, atau menganalisa masalah dan lainnya bersama orang lain, sehingga yang kita butuhkan bukan hanya teman (literally, teman yang menemani) melainkan juga partner dalam berdiskusi atau menganalisa tadi. Untuk hal seperti ini, karakter seperti Diva merupakan partner yang tepat. Apalagi, kita sebagai perempuan sering bablas bapernya juga ya kalau sedang menghadapi masalah. Hihi. Goodluck! :)

      Delete
  26. Nama: Retno Maulidiyah
    Twitter: @retnomauli08
    Email: retnomauli1@gmail.com


    Aku mengharapkan Kim Jae Han dari drama korea terbaru "The K2" wajahnya yang super ganteng itu bisa menjadi support system buat aku.. dan dia bisa melindungi aku dari penjahat., pintar bela diri, mantan blackstone ny irak, orang yg paling ditakuti, keren, perhatian penyayang, dan senyuman ny itu buat orang meleleh. Ehmm.. tiap hri bisa keteme sambil curhat dgn dia pasti asyik dan seru banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Retno. Ketahuan, ya, kamu sedang mengikuti The K2... Atau jangan-jangan kamu sekalian berharap menjadi Anna juga? Hehe. Kalau melihat bagaimana Je-ha menghadapi Rania, Yoo-jin, dan Anna; orang-orang yang menurut Je-ha wajib dibantu dan dijaga, bisa ditebak kalau karakter seperti dia akan all out membantu ketika kita sedang down atau memiliki masalah. Goodluck! :)

      Delete
  27. Nama: Cahya
    Twitter: @ccchhy
    Email: cahyasptm@gmail.com

    Samwise Gamgee dari Lord of the Ring.

    I'm a big fan of this man. Kesetiaannya pada Frodo ke mana pun, di mana pun, kapan pun saat Frodo mengalami kesulitan, Sam selalu ada buat dia dalam hal sebagai teman dan pelindungnya dari segala bahaya. Aku malah sempat sampe nangis waktu Frodo nggak sanggup lagi terus-terusan nyusahin dan membahayakan nyawa teman-temannya lagi, lalu Frodo sendirian kabur naek perahu ninggalin Sam. Tapi, Sam justru ngejar perahu Frodo sampai dia hampir tenggelam karena dia nggak bisa berenang :") Sam tetap berpegang teguh dengan janjinya dulu pada Gandalf untuk terus bersama dan menjaga Frodo, maka dari itu dia mengejar Frodo. Lalu, ada lagi waktu dia rela gendong Frodo di Mordor hingga sampe di jurang fires of Mount Doom karena Frodo sudah semakin lemah dan nggak sanggup jalan lagi. Ya ampun, Sam... perjuangannya itu lho. :")

    Aku salut banget dengan Sam. Dia sosok support system yang sangat bisa diandalkan bagi siapa pun meski dia tidak punya suatu kekuatan istimewa. Justru kesetiaannya itulah yang membuat dia istimewa. Kalau aku sedang dalam keadaan terpuruk, punya Sam sebagai teman yang selalu ada dan membantu adalah hadiah tak terkira untukku. Dia tak akan pernah berkhianat, dia tak sungkan ikut merasa susah saat temannya sedang susah, bukan malah menertawakan. Tak peduli seberapa sulit masalah temannya, sosok seperti Sam akan ikut membantu sampai titik darah penghabisannya demi tercapainya tujuan bersama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Cahya. Duh, Samwise ini bias saya kalau sudah urusan bff di cerita fiksi. Hahaha. Sebagai tim Samwise, apa yang kamu sampaikan di atas adalah hal-hal yang membuat saya lebih peduli pada Sam dibanding Frodo dan cincinnya -- bahkan sering kesal sendiri terhadap Frodo kalau dia mulai kehilangan kendali atas diri dan kesadarannya, karena biasanya itu diikuti dengan Frodo yang baper dan Sam yang harus berulang kali mengingatkan Frodo dan membuat Frodo kembali "stabil". Halah! Hahaha. Ah kamu, Samwise... :")

      Delete
  28. Nama: Dida Darnisha
    Twitter: @didarnisha
    Surel: rfdhaa@yahoo.com

    Saya tidak bisa memilih siapa tokoh fiksi yang ingin saya jadikan support system saya. Hahaha tapi saya akan tetap memilih. Saya memilih Doumeki (manga xxxHolic). Karena Doumeki sangat, sangat awesome! Dia sahabat yang baik dengan Watanuki, meski seringnya mereka berantem. Tapi dia selalu mendukung sahabatnya dengan caranya sendiri. Saya juga ingin memilih Watanuki sebagai support systems saya lainnya. Karena keduanya saling menarik dan saling memengaruhi satu sama lain untuk menjadi versi terbaik diri mereka.

    Ada satu lagi karakter yang seseorang buat, Are (tokoh sebuah cerpen pribadi Darrel yang berjudul Are Pada Aranda). Dia membuatkan cerita tersebut beserta tokoh Are untuk saya. Katanya, untuk menemani saya kalau saya kangen dia karena dia sudah tidak ada.

    Ketiga tokoh tersebut telah banyak membuka pola pikir saya yang kadang-kadang mendadak sempit. Ketiganya–rasanya–dibutuhkan untuk melengkapi kehidupan saya yang serba biasa, memewahkan hidup yang saya punya, menyemangati jalan yang saya tempuh–yang tak jarang salah, dan ketiganya terus tumbuh dalam benak saya. Terus menjadi tamparan keras di saat lemah. Akan sangat seru kehidupan saya melihat Doumeki dan Watanuki bertengkar sementara Are hanya ikut tertawa bersama saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Dida. Frankly speaking, tidak ada satupun karakter di atas yang saya tahu karena saya belum berkenalan dengan mereka. Hehe. Tapi sepertinya akan seru dan menarik ya kalau kita bisa menggabungkan beberapa karakter dari beberapa kisah fiksi, untuk menjadi support system kita ketika kita sedang di fase down. Jadi membayangkan sendiri, nih, alangkah asyiknya kalau kita bisa membuat karakter-karakter tersebut berkenalan terlebih dahulu -- supaya mereka bisa saling kenal dan akrab juga, tidak hanya kenal saya... Ahaks! :)

      Delete
  29. Elsita F. Mokodompit
    Twitter & IG @sitasiska95
    Facebook Elsita Fransiska Mokodompit
    elsitafransiska@gmail.com

    Aku mau Robert Langdon dari seri The Davinci Code karya Dan Brown. Karena disaat terpuruk menurutku yang paling aku butuhkan adalah pemikiran cerdas dan realistis serta pendampingan dari seseorang yang sangat bisa diandalkan. Dia bisa membantuku mencari jalan keluar atau solusi dr masalah yang aku hadapi dengan lebih mudah karena di samping cerdas, setia mendampingi, mau berusaha sampai akhir ia juga memiliki ketenangan yang bagus. Bisa dibayangkan bagaimana pengidap claustrophobia bisa mensugesti energi positif ke dalam pikirannya saat ia berada di dalam lift sehingga ia bisa melawan rasa takutnya. Ketenangan Robert Langdong bisa sangat diandalkan untuk orang yg sedang dalam masa bersedih atau frustrasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Elsita. Iya benar. Ketenangan itu dibutuhkan ketika kita berhadapan dengan masalah apapun, karena tanpa ketenangan, maka kita akan sulit berpikir dengan lebih jernih dalam menemukan alternatif solusi. Robert Langdon tepat untuk membantu kita dalam hal ini, ya... Goodluck! :)

      Delete
  30. Nama: Titi Sari Indriani
    Email: Indriani.indradi@gmail.com
    Twitter/Instagram/Facebook: @chochoo/@titis2113/

    Saya ingin Anne Shirley dari novel Anne of Green Gables menjadi support system sy. Dg kepribadian Anne yang ceria, penuh imajinasi ,suka berpetualang, konyol, lucu, blak-blakan, pasti akan sangat menyenangkan bersama dg Anne sepanjang waktu. Bagi Anne semua hal di dunia ini menyenangkan dan romantis, saya rasa berbicara dengan Anne dan mengikuti jalan pikiran Anne dapat membuat saya bahagia dan lebih bersyukur sehingga sy dapat dengan cepat melupakan masalah2 yg sedang saya hadapi. Anne juga seorang teman yang loyal, kapanpun sy membutuhkan seseorang dia pasti akan ada untuk menghibur saya, memberi saya makanan-makanan enak dari Marilla, dan mengajak saya menyusuri tempat2 asing yang indah. Anne selalu mengingatkan saya tentang masa kecil yang indah dan penuh petualangan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Titi. Anne Shirley salah satu karakter perempuan yang juga menjadi favorit saya. Jadi ingin membaca ulang bukunya, nih... Anyway, goodluck ya! :)

      Delete
  31. Neneng Lestari
    Fb Neneng Lestari
    Twitter @ntarienovrizal
    Ig @ntarie90

    Tau The Lunar Chronicles kan? Udah baca belom? Nah kalau belum, aku pengen kenalin satu tokoh yang super bikin mood aku jadi bagus kalau baca bagian dia. THRONE cowok sok keren dengan stok rasa percaya diri yang tidak terbatas. Penampilan dia dia Scarlet, ketika dipasangkan dengan Cinder, itu udah buat aku terpingkal-pingkal. Bahkan Throne ngalahin posisi Scarlet di novel kedua itu.

    Throne itu bagi aku sahabat. Dia laki-laki paling jujur, humoris, dengan kepribadian yang menarik. Aku melihat dia bukan sebagai laki-laki untuk dicintai, tapi sebagai sahabat sejati. Dan itu dia buktikan dengan setia pada Cinder. Aku memang jatuh cinta sama Throne, tapi balik lagi seperti di awal aku bilang, aku mencintai kepribadiannya. Dan seandainya aku butuh sahabat untuk support aku, maka Throne yang akan aku pilih. Sama seperti Cinder, ketika separuh dunia dan bulan membencinya (pas novel scarlet) Throne adalah teman pertama Cinder (selain iko, itupun karena Iko android bukan manusia tulen).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Neneng. Wah, kamu suka dengan Throne ya... Ada salah satu teman saya yang juga suka sekali menceritakan tentang Throne. Saya sendiri memiliki soft-spot di hati saya untuk Levana karena ini jenis villain yang complicated dengan masa lalu yang juga complicated. Makanya, saya suka sekali dengan Fairest: Levana's Story karena isinya yang lebih fokus kepada kisah Levana. Walaupun saya tetap banyak tidak setuju dengan apa saja hal tidak baik yang sudah Levana lakukan, ya. Lho, kok malah membahas Levana. Hehehe. Anyway... Goodluck! :)

      Delete
  32. Nama/Facebook: Erika Putri Gustiana
    Email: erikaputrigustiana@gmail.com
    Twitter/Instagram: @erikagustyana

    Aku pengen tokoh Rex Rashad dari novel The Chronicles of Audy bisa jadi support system ku. Karena sekarang aku sedang stres banget bikin skripsi. Aku pengen Rex mensuport aku, meringankan beban stress dikepalaku. Dan mungkin dia bisa bantuin skripsi ku, dengan otaknya yang super duper jenius itu. Hehee

    Terimakasih atas kesempatan GAnya, semoga saya beruntung di GA TheGirlOnPaper kali ini. >/\<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Erika. Tim Rex lainnya. Hehe. Selamat mengerjakan skripsi, ya. Semoga proses pengerjaannya dipermudah. Goodluck! :)

      Delete
  33. Nama: Diah P
    Email: shedetective.coolkid@gmail.com
    Twitter/IG/FB: @She_Spica

    Tokoh yg ingin sekali kumunculkan ketika ada masalah yaitu tokoh kesukaan saya Conan Edogawa alias Shinichi Kudo di komik Detective Conan.
    Pingin denger bgaimana dia bisa mnyelesaikan masalah hidupku yg semraut, atau minimal memberikan saran yg bagus. Untung2 kehadirannya bisa menolong orang2 di sekitarku juga. Kaya kasus kopi Jesica yg gak kelar2, atau kasus2 yg tidak pernh terungkap maupun salah tangkap, semoga bisa segera teratasi. Lebih2 dia bisa mengobati hatiku yg masih kopong melompong sampai sekarang dgn cinta yg banyaaaakk 😂😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Diah. Saya sudah lama tidak mengikuti serial Conan, kayanya terakhir itu di nomor 40an deh. Saya, pun, mau kalau bisa mengenal Shinichi Kudo di kehidupan nyata... Tapi dalam bentuk Shinichi Kudo, bukan sebagai Conan Edogawa. Halah. Anyway, goodluck! :)

      Delete
  34. Nama: Adriani Febrina
    Email: adrnfbrn@gmail.com
    Ig: @adriani.fbrn
    Twitter: @FebrinaAdriani
    Facebook: Odri Febri

    Tokoh yang sangat aku harapkan itu adalah Olaf (Frozen). Kenapa? Karena Olaf itu boneka salju yang ceria dan optimis. Ingat adegan ketika Olaf membayangkan musim panas? Padahal kenyataannya hal itu nggak mungkin terjadi, tapi dia tetap percaya kalau dia pasti bisa merasakan musim panas. Nah, aku membutuhkan banget orang- orang yang bisa memberikan aku semangat dan kesempatan untuk percaya sama hal- hal yang nggak mungkin.
    Olaf juga boneka salju yang setia. Ada adegan dimana olaf rela menemani Anna di perapian, meskipun dia mulai meleleh tapi dia tetap nggak mau pergi karena dia akan selalu melindungi orang- orang yang dia sayang. Nggak semua orangkan mau menemani kita dikala susah, dan Olaf ini akan selalu melakukannya untuk orang2 yg dia sayang 😊
    Menurutku Olaf lah yang paling aku butuhin untuk jadi support system aku 😊😊

    Semoga beruntung! Btw, thank untuk GAnya kakk ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Adriani. Saya juga suka Olaf; karakter yang percaya pada hal yang terlihat mustahil, tetapi kemudian dia bisa mewujudkan yang dianggap mustahil itu lewat caranya sendiri. Kalau orang lain jadi terinspirasi dan berusaha mewujudkan apa yang dia percaya tetapi dianggap mustahil oleh kebanyakan orang, ya saya sih tidak heran. Hihi. Goodluck! :)

      Delete
  35. Nama: Anggita Dewi
    Email: ravinaanggita@gmail.com
    Twitter/Instagram/Facebook: anggitarav / anggita.dr / anggita dewiravina octavia

    saya akan memilih seorang banshee dari sinetron luar negeri, teenwolf.
    Lidya Martin, memang bukan pendengar yang baik bahkan pemberi jawaban yang kurang tepat ketika kita butuh solusi. Tapi justru itu, kadang kalau saya menghadapi masalah, saya hanya butuh hiburan. Butuh seseorang yang bersifat "like a jerk but i love". Walaupun dia ngomong blak-blakan meskipun nyakitin hati. Tapi apa yang dia ucapin bener adanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Anggita. Karakter Lidya memang tepat untuk mengatakan kebenaran, meskipun menyakitkan, supaya kita tetap bisa menjejak bumi, ya. Alias stay focus and accept the reality. Hehehe. Goodluck! :)

      Delete
  36. Nama : Ardika Desi
    Email : rgta.dika@yahoo.com
    Twitter/instagram/Facebook : @Regitadika1 / ardk.desi31 / ardika desi

    saya ingin Hermione Granger dan/atau ron weasley dari film dan novel Harry Potter karangan J.K. Rowling. Diceritakan bahwa ron, harry, dan hermione adalah tiga sahabat yang selau bersama saat menghadapi semua rintangan. mereka saling menolong dan membantu dalam situasi apapun, suka maupun duka. mereka rela berkorban demi sahabat mereka, walau mungkin hal itu sangat berbahaya. selalu mempercayai tokoh "Harry" yang bercerita tentang impiannya mengalahkan voldemort yang mungkin bagi orang lain terdengar tidak masuk akal.

    Saat menghadapi sebuah masalah yang besar aku menginginkan seorang sahabat seperti mereka. sahabat yang dapat membantuku dalam berbagai persoalan, memberiku semangat saat aku mulai putus asa, siap mendengarkan setiap keluh kesahku, dan selalu ada saat suka maupun duka. aku tipe orang yang mudah menyerah dan putus asa, jadi aku memerlukan dukungan dan semangat yang besar dari orang -orang terdekatku, termasuk sahabatku. Dukungan dan keberadaan mereka membuat masalah yang kuhadapi menjadi ringan dan terselesaikan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Ardika. Tanpa keberadaan Ron dan Hermione, Harry tidak akan pernah mampu menjalankan semuanya sendiri deh ya... Saya juga tidak menolak kalau diberikan sahabat seperti Ron dan Hermione. Ehe... Goodluck! :)

      Delete
  37. Nama : Haura Azzury G.
    E-mail : haurazzury@gmail.com
    Instagram : @haurazzury_

    Aku pengen Diva dari novel Supernova 1 : KPBJ karya Dee Lestari. Dikisahkan dalam novelnya, Diva adalah seorang yang tidak bergantung pada materi, titel, dan eksistensi. Dia lebih bergantung pada pekirikannya sendiri. Dia punya pemikiran cerdas, amat cerdas mungkin. Tapi, dia tidak bekerja di kantoran seperti umumnya orang cerdas bekerja, melainkan menjadi pelacur yang tidak terikat apa pun. Diva juga tidak berminat untuk sekolah demi mengejar titel, maka dari itu dia banyak membaca untuk menambah wawasannya. Pikirannya juga realistis. Tidak pesimis, juga optimis. Dia berpikir sesuai dengan apa yang terjadi, tidak banyak berharap atau pun banyak menyerah. Uniknya lagi, dia tidak malu 'menghancurkan' acara yang baginya salah tanpa peduli seberapa penting acara itu. Cara bicaranya pun berkualitas. Dengan perkataan tinggi, tentunya selera humornya juga tinggi. Jarang orang yang menangkap humor dari Diva, karena itu tadi, kualitas tinggi. Diva juga seorang yang peka, tahu bahwa Re sedang jatuh cinta, bahkan tahu kalau Re sedang jatuh sejatuh-jatuhnya. Dengan kepekaannya Diva membuat Re keluar dari jatuhnya.

    Makanya, aku ingin Diva yang jadi support system-ku karena aku yakin Diva bisa membuka pikiran aku yang cenderung sempit. Ketika aku dilanda masalah dan hampir menyerah, Diva pasti menyemangatiku dengan pikiran super-realistisnya itu. Malahan, mungkin Diva bisa membantu aku keluar dari masalah hanya dengan sebaris kalimat, yang bahkan hampir tak perlu tenaga. Karena itu tadi, kualitas tinggi. Juga karena Diva peka, dia akan tahu masalah seperti apa yang sedang aku hadapi. Jadi dia takkan salah cara dalam membantu, sama halnya dengan dia membantu Re yang bahkan tidak Re sadari. Dijamin, aku langsung semangat wkwk;v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Haura. Diva ini jenis karakter yang bisa masuk ke dalam kategori imperfectly-perfect. Dan ditambah dengan dia sebagai perempuan, kalau akhirnya banyak perempuan yang suka dengan karakter perempuan seperti Diva (terlepas dari apapun pekerjaan yang dia pilih), tetapi memang karakternya itu tangguh. Saya juga suka dengan karakter perempuan yang digambarkan tangguh di dalam cerita fiksi, karena bisa membuat pembacanya (terutama pembaca perempuan) menjadi termotivasi secara positif. Iya, kan? Goodluck, ya! :)

      Delete
  38. Nama: Ana Bahtera
    Email: anabahtera@yahoo.co.id
    Twitter/instagram/facebook: @anabahtera/@anabahtera/Anna Bahtera
    Jawaban:
    Harry Potter
    Kenapa Harry Potter? Karena dengan segala kejeniusannya maka akan sangat membantu saya ketika sedang kesusahan ataupun dalam bahaya. Selain itu dengan sifat setia kawannya, saya pastikan tak akan pernah merasa sendiri dan bisa selalu ikut berpetualang dan mengalami peristiwa-peristiwa yang tak terduga. Aahhhh…membayangkannya saja saya sudah sangat senang, apalagi kalau menjadi kenyataan ya bisa bertemu dengan Harry Potter sungguhan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Ana. Harry Potter ini tidak ada matinya, ya, untuk dibahas. Hihi. Goodluck! :)

      Delete
  39. Nama : Refi Septiningtyas
    Email : refisepti@gmail.com
    Facebook/ig/twitter : Refi Septiningtyas /refisept

    Aku ingin Romeo dari novel The Chronicles of Audy menjadi support system-ku. Karena Romeo orangnya humoris, konyol dan kekanak-kanakan, aku yakin dia bisa menjadi moodbooster bagi orang terdekatnya. Romeo juga lebih peka terhadap sekelilingnya, dan dia berusaha memperbaiki keadaan yang kurang stabil dengan hal yang nggak masuk akal dan membuat suasana menjadi cair kembali. Ia juga tipe orang yang setia dan selalu support teman apapun keadaan temannya.
    Romeo juga cowok yang bakal mau ngajarin orang lain dan pantang menyerah (terutama tentang cara main game) dan aku suka banget kepribadiannya yang hangat dan mudah akrab.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Refi. Memang sulit ya untuk tidak terkesan pada orang yang pribadinya hangat dan mudah akrab dengan orang lain. Ditambah dia juga sangat peka. Saya bisa membayangkan kenapa kamu bisa suka dengan karakter Romeo. Anyway, goodluck! :)

      Delete
  40. nama : Ana Indriyani
    email :komunitasanaknyasar@gmail.com
    IG : komunitasanaknyasar
    twit :@anaindriyani


    Sudah pernah baca saga Loveasket (Luna Torashyngu)?
    Saya memilih Vira sebagai tokoh yang saya jadikan Support System.
    Vira adalah orang yang positif dan tidak munafik. Selain itu karakter ini juga sangat manusiawi. Tidak ada manusia yang sempurna. Vira juga seperti itu, sekeren-kerennya dia (cantik, pantang menyerah, positif thinking, setia kawan dll) ia juga mengalami posisi dimana mimpi dan semua harapan itu hilang dari dirinya. ia adalah atlet basket. namun dalam waktu sekejap, ia lumpuh dan kehilangan semangat hidupnya. bagi saya itu wajar. Tapi yang keren adalah kemampuan untuk bangkit lagi, kemauan untuk berharap dan pantang menyerah untuk bermimpi. bagi saya tokoh itu yang saya butuhkan untuk membuat saya lebih bersemangat membangun mimpi2 saya. saya juga suka basket! mau dong dilatih sama Vira!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Ana. Saya juga senang kalau belajar mengenai hidup dari orang yang pernah tahu rasanya terjatuh dan kesakitan karena mereka bisa benar-benar menggambarkan dan memperlihatkan langsung kepada kita bagaimana rasanya, dan kemudian menginspirasi kita juga untuk bisa kembali bangkit dan berhasil stabil lagi -- seperti mereka yang bisa bangkit dari keterpurukan itu. Goodluck! :)

      Delete
  41. Nama: Aulia
    Email: auliyati.online@gmail.com
    Twitter/IG: @nunaalia
    FB: Nunaa Lia

    Tokoh fiksi yg aku pilih sebagai support system saat menghadapi masalah adalah Putri Sofia dari Sofia The First. Aku suka sekali dengan Putri Sofia ini, walaupun usianya masih muda, bahkan anak-anak, tapi Sofia itu punya sifat bijak, setia kawan, suka menolong dan tidak pendendam. Aku ingin belajar banyak dari sifat-sifat Sofia ini. Ditambah lagi adanya kalung ajaib yg selalu memunculkan putri-putri dari negeri dongeng lainnya, yg biasanya memberikan petunjuk kepada Sofia untuk memecahkan masalah. Asik kan, selain bisa dapat bantuan pemecahan masalah dari Sofia, juga bisa ketemu putri-putri cantik dari negeri dongeng yg terkenal itu! Wow! :D *khayalan tingkat tinggi hahahaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Aulia. Putri Sofia ini memang menggemaskan, ya. Masih kecil tetapi sudah bisa mengajarkan orang dewasa banyak hal. Hehe. Goodluck! :)

      Delete
  42. Nama: Ratih M
    Email:ratihmulyati02@gmail.com
    IG: @lahttiy
    Twitter: @Jju_naa

    Rancho dalam film "3 Idiot".
    Karena punya support system seperti dia berarti beli makanan paket lengkap. Cerdik, berani, apa-adanya, setia kawan, apapun demi teman, dan yang terpenting bukan penjilat.Pernah nonton film itu kan? kalau belum coba nonton deh, keren banget!

    Rancho yang cerdas dibalik sifat polos nan konyolnya, selalu menunjukan hal baru/sudut pandang yang berbeda dari setiap permasalahan yang menimpah teman-temannya. Bicara selalu blak-blakan, contohnya saat dia mengkritik pemikiran dosen bahkan profesor kampusnya. Bagaimana dia secara halus memberikan pencerahan tentang apa yang sebenarnya kelebihan teman-temannya. Mengungkapkan pemikirannya entah itu membuat tersinggung atau tidak orang yang mendengarnya (ini jujur kalau dia lagi beragumen itu, rasanya penegen ngedeplak kepalanya, susah berenti -_- ). Pemikirannya sederhana, tapi bermakna. Tidak pernah bermuka dua.

    Support Sytem seperti Rancho lah yang aku harapkan,dia bisa mengimbangiku yang telmi ini sebagaimana dia mengimbangi kedua temannya. Selalu mengulurkan tangan saat aku tertimpah masalah dan selalu siap sedia saat aku butuhkan, seperti dia membantu teman-temannya (Susah, pokoknya tonton deh) . Selalu memberikan support (contohnya saat menyakinkan Farhan untuk jujur tentang pekerjaan yang dia inginkan kepada ayahnya dan saat Raju masuk rumah sakit-koma).
    Tanpa Rancho, tidak akan ada Farhan si fotografer dan Raju si Ilmuan.
    Sama seperti itu, akupun mengharapkan dia bisa memberikakku saran dan dukungan saat aku tertimpah masalah, sama seperti dalam film 3 idiot itu-saling melengkapi satu sama lain :D.

    #Auh, kok malah ngejelumet :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Ratih. Membaca tulisan kamu membuat saya jadi ingin menonton ulang 3 Idiots. Rancho juga karakter favorit saya di film tersebut. Anyway, goodluck ya! :)

      Delete
  43. Nama : Humaira Balfas
    Email : humairabalfas5@gmail.com
    Akun Twitter : @RaaChoco


    Apabila kalian sedang dalam kondisi membutuhkan dukungan dan bantuan ketika sedang menghadapi masalah, siapa tokoh fiksi yang kalian harapkan dapat menjadi support system bagi kalian? Ceritakan alasannya.


    Farhan dalam novel Wedding Debt nya Ratinatif.

    Alasannya karena Farhan itu kocak abis, saat keadaan susah atau senang (dia sendiri atau orang di sekitarnya) dia selalu mengucapkan kata-kata pantun berima yang bisa bikin mood balik lagi, bikin ketawa ngakak. Kalo dia udah ngomong berasa lagi ikutan OVJ, rasa-rasanya bisa meringankan kekeruhan masalah dan berpikiran lebih tenang. Tapi setiap kata-kata berima yang diucapkan Farhan meski dalam keadaan santai dan dibuat lelucon, isinya itu nyentil diri sendiri, bikin sadar dan berpikiran lebih terbuka.

    Bagiku, yang pasti support system-nya itu seseorang yang bikin aku bukan lari dari masalah, tapi mendorongku untuk menghadapinya dalam keadaan yang sudah lebih tenang dan bisa berpikir jernih, tidak terbawa emosi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Humaira. Saya pribadi belum berkenalan dengan Farhan. Sepertinya dia lucu, ya. Tipikal lucu tapi serius. Halah. Anyway, goodluck! :)

      Delete
  44. Nama : Shiela Hartiningtyas
    Email : lha230688@gmail.com
    FB : Anastasia Shiela
    Twitter : @ruth_shiela
    IG : @anastasia_shiela

    Saat sedang menghadapi masalah, tentu kita ingin mendapatkan dukungan serta nasehat yang mampu membantu kita menghadapi masalah tersebut.
    Nah, tokoh fiksi yang aku harapkan mampu menjadi support system bagiku adalah Pangeran Lee Young dari drama Korea Moonlight Drawn By Clouds (Love in the Moonlight).
    Pada nonton drama ini ga? Kalau belum, kalian wajib nonton lho (eh kok malah jadi promosi ya?hehehe)
    Alasanku memilihnya adalah karena kebijaksanaan yang dimilikinya. Aku yakin dengan kebijaksanaannya tersebut, Pangeran Lee Young meski di awal-awal terlihat kejam dan angkuh, namun ia baik hati dan mampu memutuskan apa yang terbaik.
    Aku yakin dengan adanya Pangeran Lee Young di sampingku, ia akan mampu memberikan dukungan bagiku dan memberikan solusi dari masalah yang aku alami.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Shiela. Prince Lee Young di awal itu hanya akting di depan banyak orang untuk membuat lawan politiknya melihat dia sebagai Crown Prince yang kejam, angkuh, dan tidak kompeten. Hanya kepada sahabatnya, Byung-yeon, dan belakangan juga kepada Ra-on dan Teacher Dasan, dia menunjukkan sisi dia yang sebenarnya, yaitu baik hati, peka, penyayang, pemikir yang sangat kritis, dan juga sangat cerdas. Jenis Crown Prince yang kalau kita sudah mengenalnya lebih mendalam, maka kita akan sulit untuk tidak menyukai dia ya. Seperti yang kamu rasakan. Hehe. Sudah menonton sampai episode terakhir? Goodluck! :)

      Delete
  45. Rini Cipta Rahayu
    rinspiration95@gmail.com
    twitter @rinicipta/IG @rinspirations

    Aku ingin bertemu dan curhat dengan Bapak Gunawan dan Ibu Itje Garnida, dari novel Sabtu Bersama Bapak. Orang tua Satya dan Cakra ini sangat bijak dan menginspirasiku. Kadang menurut beberapa orang, curhat sama orang tua itu nggak nyaman dan nak akan dapat jawaban sesuai dengan harapan tapi aku justru merasa tercerahkan setiap curhat sama orang tua terutama mama. Orang tua lebih dewasa dan lebih berpengalaman, mereka punya pandangan yang luas sehingga membuat kita melihat sesuatu dari sudut pandang yang berbeda. Bapak Gunawan dan Ibu Itje punya cara yang unik, terutama dalam mendidik anak. Di masa muda, kita jadi cenderung impulsif dan emosional. Salah bertindak, bisa aja akan merugikan kita seumur hidup. Petuah-petuah mereka yang bijak, dan terkesan tidak menggurui akan sangat membantu jika aku merasa gundah ketika menghadapi beberapa permasalahan dalam hidup :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Rini. Benar sekali. Saya juga mengandalkan orangtua dan figur orangtua lainnya bagi saya, kalau ingin curhat yang mendalam. Bagaimanapun, orangtua itu sudah hidup lebih dulu dan merasakan sendiri bagaimana proses untuk menjalani kehidupan, sehingga biasanya orangtua tidak ingin anaknya mengalami hal tidak menyenangkan yang pernah mereka alami sebelumnya, meskipun lewat cara yang terkadang tidak kita sukai. Buku dan film Sabtu Bersama Bapak banyak mengingatkan kita soal hal ini juga, ya. Hehe. Goodluck! :)

      Delete
  46. Nama: prahasti Suyaman
    Email: praha79@gmail.com
    Twitter/instag:@asti_symn/@asti_suyaman

    Support system yang saya harapkan dari tokoh fiksi.

    Pertama, saya ingin Benio dari komik Miss Modern untuk jadi support system saya. Karakter Benio yang tangguh, kuat, ceria, koplak, pasti akan jadi teman yang asyik untuk curhat bersama,hadapi masalah bersama,nangis²an bersama dan banyak hal lainnya.

    Kedua, saya ingin tokoh Elizabeth Allen dari serial Si Badung karya Enid Blyton.
    Dia bakal jadi support system yang menyenangkan,karena saya juga ingin punya sosok adik perempuan yang seru seperti dia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Prahasti. Kalau Benio dan Elizabeth Allen digabungkan, hasilnya jadi seperti apa ya? Hmmm... Anyway, goodluck! :)

      Delete
  47. Nama : Fitriansyah
    Email : vitoxvy@gmail.com
    Ig/Twitter : @vitox_vy
    Facebook : Nona Vy


    Berhubung saya belum lama ini menyelesaikan buku Tuesday with Morrie Karya Mitch Albom, saya memilih Morrie sebagai Support system saya, alasannya karena dia memiliki sebuah alasan hidup yang bisa kita beri judul memanusiakan manusia, menerima segala hal dalam hidup yang terjadi pada kita sebagai ketentuan yang harus kita jalani sebagai manusia, selain itu dia juga memberikan pemahaman tentang kesabaran dan keikhlasan dalam menjalani hidup. Pandangannya yang (digambarkan) luas dan humble, membuat saya menyukai tokoh nyata yang pernah hidup ini. Dia tidak memberikan pembenaran ataupun menyalahkan atas apapun keputusan yang dipilih masing-masing manusia, tapi memberikan pencerahan yang sebagian besar bisa saya terima. Sepertinya akan jadi teman diskusi dan bertukar pikiran yang menarik jika mengenal seseorang seperti dia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Fitriansyah. Belajar dari tokoh yang benar-benar pernah hidup di dunia nyata dan kisahnya dijadikan pelajaran hidup yang berharga itu memang tidak pernah ada matinya. Apalagi ini untuk belajar tentang sabar dan ikhlas, hal yang mudah untuk diucapkan tetapi cukup sulit untuk konsisten dilakukan. Goodluck, ya! :)

      Delete
  48. Nama : Fakhrina FM
    Email : fakhrina13@gmail.com
    Fb : Fakhrina Fauzul Minnah
    Ig : @farin.na
    Twitter : @fakhrina_fm

    Jika posisi saya seperti itu, saya akan sangat membutuhkan sosok "Noaki" dalam novel "Keo&Noaki" karya Ary Nilandari. Kenapa? Karena sosok Noaki sangat sabar, perhatian, baik, suka tolong menolong, dan lainnya. Noaki sangat suka tolong menolong, pekerjaan rumah akan lupa ketika memikirkan solusi untuk menolong seseorang, tapi perkejaan tersebut juga tidak akan lalai dikerjakan. Jika kita membutuhkan bantuan dari Noaki, maka saya akan menceritakan dengan sebenar benarnya, dan memohon agar Noaki membantu saya. Dalam novel tersebut, Noaki selalu berhasil dalam menyelesaikan permasalahan meskipun terdapat sedikit masalah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Fakhrina. Saya belum berkenalan dengan Noaki. Sepertinya Noaki sangat berpengalaman dalam membantu orang lain, sehingga sesulit apapun masalahnya dia akan bisa mencari celah dalam menyelesaikan masalah tersebut ya. Goodluck! :)

      Delete
  49. Nama: Gusti A.P.
    Email: nekoyuina@yahoo.co.id
    FB: https://web.facebook.com/Mizuki.Arjuneko
    Twitter: https://twitter.com/onionkiddo
    Instagram: https://www.instagram.com/nekoyuina/

    Domisili: Malang


    Kalau ada masalah, saya berharap ALFA a.ka. Thomas Alfa Edison a.ka. Ichon, dari Seri Supernova Gelombang yang bisa hadir dan membantu saya. Alasan. Well, dia pinter, cerdas, logikanya main, kaya pula, kurang apa lagi? Plus dia ganteng XD Dan... dia juga punya naluri serta bakat kepemimpinan yang tinggi. Selain itu dia juga sangat setia kawan. Plus, dia sama insomnianya kaya saya. Jadi enak bisa ngobrol bareng soal masalah kehidupan malam-malam sambil nungguin subuh XD


    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Gusti. All-in-one package. Hahaha. Punya teman mengobrol seru semalaman, membahas apapun dari yang remeh temeh sampai yang serius dan penuh analisa, itu memang seru sekali. Goodluck, ya! :)

      Delete