29 September 2016

Pengumuman Pemenang - 20 Bookish Facts About Me



Hola!

Pertama, saya ingin minta maaf sekali lagi karena lama baru bisa update pengumuman pemenang #20BookishFactsAboutMeGA. Insya Allah bukan karena saya bermaksud lalai dan tidak ingin menunaikan kewajiban memberikan hadiah kepada pemenang; semua hadiah pemenang sudah saya siapkan bahkan sejak sebelum giveaway berlangsung, termasuk tambahan hadiah in case peserta melebihi ekspektasi dan saya ingin menambah jumlah pemenang. Sejak informasi mengenai update peserta saya rilis di blog Personal Library of Nia F. S. Kartadilaga -- formerly known as it -- pada tanggal 2 Februari 2016, saya sudah atur schedule untuk postingan pengumuman pemenang #20BookishFactsAboutMeGA, termasuk atur scheduled-tweets di Twitter juga untuk pengumuman tersebut. Tetapi, entah kenapa, postingan tersebut tidak muncul dan saya baru aware ketika ada yang menanyakan. Saya sudah buat postingan lainnya, tetapi update-nya tetap tidak muncul juga. Setelah itu, tidak berapa lama setelah kejadian ini, saya malah jadi tidak bisa akses semua akun social media; akun saya di instagram personal, akun instagram bookish (formerly known as it), akun twitter personalpath, bahkan semua akun publik yang saya pegang juga tidak bisa diakses. Jadi, bukan hanya semua blog personal dan publik yang saya pegang yang tidak bisa saya akses. Sampai sekarang saya masih belum paham ini penyebabnya apa. Awalnya saya pikir mungkin handphone saya yang error. Tetapi, saya buka via website juga sama saja hasilnya. Butuh sekitar enam bulan untuk bisa akses semuanya lagi setelah dibantu oleh beberapa teman yang lebih ahli di urusan seperti ini, hehe. Thank God... Meskipun, ya, nganu... sampai saat ini akun-akun instagram saya masih sering logout sendiri dan beberapa kali dapat notifications dari instagram kalau ada yang coba akses akun saya lewat unknown devices - unknown locations atau ada yang ubah password.

Nggg...
Saya tidak paham, deh, itu kenapa...

***

Kedua, setelah saya bisa kembali akses semua blog dan akun social media, saya kemudian membuat beberapa perubahan kecil -- termasuk memutuskan untuk mengaktifkan blog baru yang berdomain. Agak "trauma" juga dengan kejadian sebelumnya, makanya saya memutuskan untuk melakukan ini. Jadi, butuh tambahan waktu untuk adaptasi dan juga merapikan konten. Ditambah ada beberapa aktivitas baru yang sudah berjalan sejak beberapa bulan lalu, selain mengajar dan praktik profesi, jadi benar-benar harus ketika saya lebih luang baru bisa merapikan dan mengedit update pemenang #20BookishFactsAboutMeGA. Maaf, maaf sekali.

Ketiga, sesuai janji yang saya ucapkan di sini, saya menambah jumlah pemenang menjadi lima orang. Nah, saya dibantu oleh tiga orang untuk menentukan pemenang. Sambil saya menunggu tambahan data pemenang dari masing-masing mereka, saya juga mengumumkan giveaway di grup WA Klub Buku Indonesia. Saat itu pas juga saya pegang beberapa lembar voucher fisik Gramedia, jadi mumpung momen ulang tahun, ya sudah saya adakan giveaway untuk kalangan internal Klub Buku Indonesia dan kondisinya memang saya belum bisa update di blog dan social medias juga sih. Untuk di grup WA Klub Buku Indonesia berbentuk book-review selama sekitar 10 hari dan saya memilih tiga orang pemenang yang mendapatkan:
  • Pemenang pertama mendapatkan 2 buah voucher fisik Gramedia senilai @ Rp. 50.000,00 dan paket buku senilai Rp. 100.000,00 (pas juga pemenang pertama menjadi pemenang favorit dan berhak mendapatkan 1 buah voucher tambahan). Pemenangnya adalah Miftah.
  • Pemenang kedua mendapatkan 1 buah voucher fisik Gramedia senilai @ Rp. 50.000,00 dan paket buku senilai Rp. 75.000,00. Pemenangnya adalah Angga.
  • Pemenang ketiga mendapatkan 1 buah voucher fisik Gramedia senilai @ Rp. 50.000,00 dan paket buku senilai Rp. 50.000,00. Pemenangnya adalah Zulfy.

Begitu pengumuman untuk giveaway di grup WA Klub Buku Indonesia sudah ada, data untuk lima final winners of #20BookishFactsAboutMeGA pun tersedia. Agak penuh perjuangan untuk kembali menyortir dan menentukan tiga orang tambahan. Semoga hasilnya memuaskan dan yang belum menang tidak berkecil hati. Ke-lima orang pemenang #20BookishFactsAboutMeGA akan mendapatkan paket yang berisi buku dan merchandices dari saya. Semoga kalian suka, ya...

***

Tidak bisa dipungkiri bahwa penilaian subjektif berperan dalam pemilihan pemenang, dalam arti akan selalu ada kecenderungan memilih berdasarkan personal preferences. Untuk itulah, sejak awal saya memberikan giveaway, saya selalu meminta bantuan pihak lain untuk membantu saya dalam menentukan pemenang -- blind judging pastinya. Saya pribadi, untuk menentukan tiga pemenang tambahan juga pakai blind judging dan membaca ulang semuanya. Sudah pasti saya lupa dengan tulisan-tulisan para peserta. Ada beberapa tulisan peserta yang sudah terhapus dari masing-masing akun dan saya bisa memaklumi ini karena memang sudah lewat lama sekali sejak giveaway ini diadakan, partly ini kesalahan saya karena lama mengumumkan pemenang. Dan saya senang sekaligus terharu karena sebagian besar tulisan para peserta masih tersedia di akun dan blog masing-masing. Walaupun tidak menggunakan batasan harus ada originalitas endebra endebre karena simply, giveaway #20BookishFactsAboutMeGA lebih kepada menceritakan fakta kita sebagai seorang bookish, jadi pasti akan ada saja kesamaan dengan kisah para bookish lainnya. Personally, saya menambahkan bagaimana kesan yang saya tangkap ketika membaca cerita masing-masing peserta dalam mencari pemenang. Yang jelas, ada wajah-wajah baru yang menjadi pemenang di giveaway saya kali ini. Hehehe. Sesuai aturan yang selalu saya tetapkan di giveaways sebelumnya, keputusan dalam pemilihan pemenang ini tidak dapat diganggu gugat.


Okay... Berikut adalah dua orang pemenang original dari #20BookishFactsAboutMeGA.
  1. Hana Bilqisthi - Blog - Twitter - Instagram 
  2. Arfina Tiara Dewi - Blog - Twitter 

Dan berikut adalah tiga orang lainnya yang menjadi pemenang #20BookishFactsAboutMeGA.
  1. Raimundus Brian Prasetyawan - Blog - Twitter
  2. Ade Delina Putri - Blog - Twitter
  3. Dhilayaumil - Blog - Twitter - Instagram


***

Seluruh pemenang akan saya hubungi langsung melalui DM di twitter maupun instagram. Tunggu "kode" dari saya, ya, sebelum mengirimkan identitas diri dan alamat...

Bagi yang belum menang, dalam waktu dekat akan ada dua giveaways yang berlangsung di blog saya. Salah satunya, girls only... So, girls, prepare yourself! Insya Allah kali ini tidak pakai keterlambatan waktu dalam mengumumkan pemenang.

Sekali lagi, maaf, dan terima kasih karena lumayan banyak dari kalian para peserta yang masih tetap menunggu atau rajin bertanya kepada saya melalui WA, DM twitter dan instagram, maupun di beberapa kolom komentar akun social media saya tanpa terkesan men-judge.



Cheers!
Have a blessed-day!