12 September 2016

HJ Story by Andrew Hou


HJ Story adalah buku yang dibuat oleh Andrew Hou untuk menunjukkan cinta kepada istrinya; Kate. HJ sendiri merupakan inisial nama Korea dari sang istri.

Awalnya, Andrew sering membuat doodle untuk Kate ketika mereka masih pacaran di tahun 2010 dulu. Kemudian doodle tersebut menjadi web-comic, hingga akhirnya bisa menjadi buku. Gambar-gambarnya terlihat simple, tapi manis. Full colors dan tidak semua disertai dengan kalimat tertentu. Gambar yang mewakili banyak hal yang dilalui ketika menjalin hubungan dengan pasangan. Saya rasa, cewek - mau seperti apapun - akan suka kalau diperlakukan seperti Kate ini ya; diberikan gambar-gambar yang menjadi representasi hubungan pasangan, mulai dari awuwuan lope lopean bareng sampai ke being silly bareng. Apalagi, bagi orang seperti Andrew - yang mengaku sulit untuk bisa menyatakan lewat kata - memberikan gambar yang menunjukkan bagaimana pikiran dan perasaan kepada pasangan adalah jalan yang lebih ampuh.

Setelah audience yang menyukai gambar buatan Andrew (terutama setelah menjadi web-comic dan buku ini) semakin membesar, Andrew mencoba untuk membuat gambar yang related to audience; tidak lagi hanya berdasarkan pengalaman personal dia dan Kate. Makanya, pasti, pasti banget... akan banyak yang merasa terwakili kisah cintanya bersama pasangan melalui gambar-gambar buatan Andrew di buku HJ Story ini. 

Well, pada dasarnya bahasa cinta merupakan bahasa yang bersifat universal juga sih. Ini buku K-toon yang cucoks untuk dimiliki yang sedang jatuh cinta bersama pasangan. 

Pembaca baru maupun pengikut setia HJ Story pasti akan mudah menyukai K-toon ini. Isinya sederhana, gambar-gambarnya sederhana. Tetapi, menyimpan berjuta makna. Halah. Kita akan dengan mudah merasa terhubung dengan doodles yang dibuat oleh Andrew -- bukan tidak mungkin memimpikan pasangan kita juga akan melakukan hal yang sama. Mau bagaimana lagi? Buku ini memang sangat sangat sangat cute. Too cute!

Cuteness overload...

Saya sangat menantikan kehadiran Volume II dari HJ Story!

Cheers!

Have a blessed-day!