17 September 2016

Series - Cat dan Dog by Park Hee Jung



Saya aware dengan webtoon Cat and Dog setelah tahun 2015 lalu ada update di Dramabeans soal adaptasi webtoon ini menjadi drama Korea. Katanya, sih, dramanya akan tayang tahun ini. Tapi saya belum tahu bagaimana kelanjutan soal dramanya. Dari Dramabeans juga saya tahu bahwa premis yang ditawarkan oleh Cat and Dog berupa tema perjodohan - persis dengan tema di manhwa Goong (Princess Hours), drama Sweet 18, atau film My Little Bride - dan marriage contract (walaupun tidak bisa dibilang marriage contract juga ya di sini).



Gambar-gambar yang ada di Ktoon Cat and Dog ini mengingatkan saya pada gambar-gambar ketika saya pertama kali mencoba banyak berkenalan dengan manhwa di tahun 2005-2006 dulu. Tarikan garis mereka sangat khas, pewarnaannya juga sangat khas -- yang membedakan manhwa dengan manga. Secara khusus, karena gambar-gambar hanbok bertebaran sekali di Cat and Dog, saya jadi teringat dengan manhwa Goong yang saya baca bersamaan dengan masa-masa saya menonton dramanya ketika dramanya airing di Korea Selatan dulu.

Kisah Cat and Dog ini klise banget. Pengkarakteran tokoh utamanya (Joo Yeong Woo dan Mo Seul Woo) juga sangat klise. Karakter seperti mereka berdua ini karakter yang paling membuat frustrasi kalau sedang membaca manga/manhwa/webtoon/Ktoon atau menonton drama, hehehe. 

Sebenarnya, di awal digambarkan bahwa karakter Joo Yeong Woo terlihat spunky dan sangat blak-blakan. Tetapi, ketika dia semaakin sering berhadapan dan tinggal bersama Mo Seul Woo, karakternya seolah menjadi berubah. But, i guess... Itulah yang banyak juga dialami oleh perempuan ketika berhadapan dengan laki-laki yang sudah dari kecil disukai, ya?

Sementara itu, untuk karakter Mo Seul  Woo, yaa... Terlalu tipikal gambaran laki-laki di drama Korea juga. Keras di luar, lembut di dalam; dingin di luar, hangat di dalam. Dengan kata lain, jerk a.k.a bad boy bagi heroine kita, namun sejalan dengan berjalannya waktu akan menemukan cinta dan merasakan dicintai oleh heroine. Eaak~

Saya lebih tertarik dengan kisah supporting characters, terutama kisah Lee Ok BongTwist mengenai siapa Lee Ok Bong sebenarnya adalah bagian yang paling saya sukai selama membaca 5 volumes Ktoon ini. 

Selain itu, bagian yang juga menarik adalah ending. Untung saja ending-nya dibuat seperti itu, jadi membuat kesan bahwa itulah proses hidup dan ada kalanya kita butuh waktu khusus untuk melalui tahap bertumbuh dan berkembang, serta ada proses yang kita harus lewati juga kalau kita ingin "sembuh" dari "sakit". Pilihan akhirnya tinggal kita sendiri yang tentukan ingin seperti apa. 

Adaptasi dramanya seperti apa, ya? Hmmm... 



Cheers!


Have a blessed-day!