31 March 2014

Tales from the Arabian Nights by Andrew Lang



Judul: Tales from the Arabian Nights
Pengarang: Andrew Lang
Jenis: Fiksi, Buku Anak
ISBN: 978-1-85326-114-5
Penerbit: Wordsworth Classics
Tahun Terbit: 1993 (Wordsworth Limited Edition)
Jumlah Halaman: 346++
Harga: Sekitar Rp 50.000,00 (Harga beli sekarang di Books & Beyond)


BLURB


The beautiful Scheherazade's royal husband threatens to kill her, so each night she diverts him by weaving wonderful tales of fantastic adventure, leaving each story unfinished so that he spares her life to hear the ending on the morrow.



***



Sebelumnya, saya pernah review karya Andrew Lang yang berjudul Tales of Troy and Greece, yang berdasarkan pada cerita rakyat berlandaskan mitologi.

Cerita rakyat tidak melulu tentang mitologi, bisa benar-benar murni berupa legenda ataupun kisah yang diteruskan secara turun temurun dari zaman dahulu kala. Mungkin sejak zaman kakek atau nenek kita hidup, kisah tersebut telah bergulir di dalam masyarakat dan tidak pernah ada yang mengetahui kapan persisnya cerita tersebut bermula. Berbeda tempat, berbeda kisah. Apalagi jika sudah berbeda negara.


Kali ini Lang masih menuliskan kembali cerita rakyat, folklore, tapi berdasarkan kisah 1001 malam di Arab.

Kisah 1001 Malam atau dikenal juga dengan Tales from the Arabian Nights konon berawal dari cerita mulut ke mulut yang berkembang di Asia Timur, Arab, dan Persia. Kisah ini bukanlah kisah dari orang tua kepada anaknya, melainkan kisah yang berkembang luas di kalangan orang dewasa. Tidak pernah ada bukti tertulis, yang dapat menjadi bukti kemunculan awal kisah 1001 Malam di Arab ini.

Di dalam kisah 1001 Malam, ada tokoh seperti Muhammad, yang dikisahkan tinggal di Baghdad atau di India. Dikisahkan pula bahwa tokoh ini hidup di zaman pemerintahan Khalifah atau Sultan Harun Al Rasyid yang hidup sekitar tahun 786-808 SM.

Orang-orang yang menyertai kisah ini juga diceritakan berasal dari keluarga besar Barmecides, tokoh yang memang pernah hidup di masa itu. Barmecides dihukum mati oleh Khalifah Harun Al Rasyid dengan cara yang kejam tanpa diketahui dengan jelas penyebabnya. 

Ada kemungkinan, kisah-kisah yang akhirnya beredar luas menjadi kisah 1001 Malam ini muncul setelah Harun Al Rasyid meninggal dunia, sehingga tidak pernah dapat diketahui dengan pasti apa saja yang sebenarnya terjadi. Inilah yang kemudian diduga menjadi alasan kenapa para pencerita kisah 1001 Malam akhirnya meramu kisah-kisah ini sedemikian rupa, sehingga seolah kisah tersebut dituturkan oleh isteri dari Sultan yang kejam.

Orang-orang di luar Asia Timur, Arab, maupun Persia baru banyak mengetahui kisah 1001 Malam setelah diterjemahkan ke dalam bahasa Perancis oleh Monsieur Galland, sehingga orang-orang di luar dataran Arab mengetahui tentang kisah penuh fantasi dan diisi dengan gaya satir.


***


Secara garis besar...

Kisah ini berlatar belakang di masa Kekaisaran Persia, di mana pada masa itu hidup seorang Sultan bernama Sultan Schahriar yang Agung. Sultan ini mengasihi isterinya dengan penuh kasih sayang.

Suatu hari, Sultan menemukan bahwa isteri yang dikasihinya itu telah melakukan affair. Isteri sang Sultan diketahui telah berselingkuh, sehingga Sultan menjatuhkan hukuman penggal kepala untuk isterinya tersebut. Sang Sultan sangat sakit hati dengan perselingkuhan isterinya tersebut, sehingga Sultan pun memutuskan untuk menikahi isteri-isteri baru di setiap malamnya, tetapi para isteri baru ini akan dipenggal kepalanya di pagi hari.

Kemudian, tiba giliran The Grand Vizis yang memiliki dua orang anak perempuan. Anak pertama bernama Scheherazade, yang sangat cantik dan cerdas. Dia mempelajari Filsafat, Ilmu Kedokteran, Seni Rupa, dan Sejarah. Anak kedua bernama Dinarzade, yang sangat mengasihi kakaknya.

Karena tidak ingin menjadi korban perilaku primitif dari sang Sultan, Scheherazade memutuskan untuk menghentikan perilaku Sultan. Awalnya, sang Ayah sangat khawatir terhadap puterinya. Tetapi, Scheherazade meyakinkan Ayahnya bahwa ia akan baik-baik saja.

Scheherazade dan Dinarzade bekerjasama dalam memuluskan rencana mereka terhadap Sultan. Scheherazade bersedia dinikahi oleh Sultan, tetapi ia juga meminta supaya Dinarzade diizinkan untuk tinggal bersama mereka. Sultan berpikir bahwa itu bukanlah hal yang perlu dibesarkan, jadi ia mengizinkan Dinarzade untuk tidur di kamar mereka dengan alasan menemani Scheherazade di sisa hidupnya malam itu.

Tepat di waktu Subuh, Dinarzade masuk ke dalam ruangan Scheherazade dan meminta kakaknya untuk menceritakan satu kisah menarik sebelum matahari muncul. Sultan mengizinkan hal ini dan kemudian mengalirkan kisah tentang The Merchant and the Genius. Kisah ini dibiarkan menggantung saat matahari muncul. Sultan yang merasa penasaran dengan kisah ini kemudian memutuskan supaya Scheherazade harus menceritakan kembali kelanjutannya di hari lain. Begitu seterusnya, Scheherazade berakhir sebagai pencerita yang harus melanjutkan kisah karangannya setiap hari, hingga kisah tersebut berakhir...


***


Buku ini terdiri dari 12 kisah utama, yang keseluruhannya merupakan kisah-kisah yang disampaikan oleh Scheherazade kepada Sultan setiap harinya.


1. The Story of the Merchant and the Genius
  1. The Story of the First Old Man and of the Hind
  2. The Story of the Second Old Man, and of the Two Black Dogs
2. The Story of the Fisherman
  1. The Story of the Greek King and the Physician Douban
  2. The Story of the Husband and the Parrot
  3. The Story of the Vizir who was Punished
  4. The Story of the Young King of the Black Isles
3. The Story of the Three Calenders, Sons of Kings, and of Five Ladies of Baghdad
  1. The Story of the First Calender, Son of a King
  2. The Story of the Second Calender, Son of a King
  3. The Story of the Envious Man and of Him who was Envied
  4. The Story of the Third Calender, Son of a King
4. The Seven Voyaged of Sindbad the Sailor
  1. First Voyage
  2. Second Voyage
  3. Third Voyage
  4. Fourth Voyage
  5. Fifth Voyage
  6. Sixth Voyage
  7. Seventh and Last Voyage
5. The Little Hunchback
  1. The Story of the Barber's Fifth Brother
  2. The Story of the Barber's Sixth Brother
6. The Adventures of Prince Camaralzaman and the Princess Badoura
7. Noureddin and the Fair Persian
8. Aladdin and the Wonderful Lamp
9. The Adventures of Haroun al Raschid, Caliph of Bagdad
10. Story of the Blind Baba-Abdalla
11. The Story of Sidi-Nouman
12. Story of Ali Colia, Merchant of Bagdad
13. The Enchanted Horse
14. The Story of Two Sisters who were Jealous of their Younger Sister


***


Berbeda dengan buku terbitan Wordsworth Classics sebelumnya yang saya review, yaitu Andersen's Fairy Tale dan Tales of Troy and Greece, buku Tales from the Arabian Nights ini lebih kaya ilustrasi meskipun hanya berwarna hitam-putih.


Overal 5/5 dari saya.


Cheers!
Have a blessed-day!